Find Us On Social Media :

Enam Cara Mencegah Bau Mulut

By Monalisa Darwin D, Minggu, 19 Juli 2015 | 10:00 WIB

Enam Cara Mencegah Bau Mulut

Intisari-Online.com - Bau mulut sepertinya menjadi masalah hampir semua orang. Ini bisa menjadi hal yang memalukan ketika kita berbicara dengan seseorang apalagi dalam jarak yang dekat. Banyak faktor yang menyebabkan bau mulut, seperti belum menggosok gigi, kerusakan gigi, hingga ada bakteri jahat di dalam mulut. Menjaga kesegaran nafas agar tetap segar merupakan hal yang penting dan ada enam cara mencegah bau mulut. Simak berikut ini:

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat dan membersihkan gigi adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk mendapatkan nafas yang segar. Tidak lupa juga untuk menggunakan penyegar mulut ketika berkumur. Namun, menyikat gigi tidak boleh berlebihan karena justru akan menyebabkan erosi enamel pada gigi. Sebelum tidur menjadi waktu yang tidak boleh dilewatkan untuk menyikat gigi, ini juga dapat berpengaruh mengurangi kemungkinan bau mulut di pagi hari.

2. Minum air hangat dengan lemon

Minumlah air hangat yang sudah ditambah dengan beberapa tetes lemon. Hal ini dapat membunuh bakteri di dalam mulut kita dan menjadi nafas lebih segar. Air lemon juga bisa membersihkan perut, yang akan memengaruhi nafas segar lebih lama.

3. Menjaga perut bersih

Perut bersih maksudnya adalah makanan yang kita konsumsi sebaiknya tidak makanan yang sulit dicerna. Jika kita mengalami gangguan pencernaan atau gangguan di perut, nafas kita akan cenderung bau. Sebaiknya kita lebih cermat dalam mengonsumsi asupan makanan, ya!

4. Memeriksa kerusakan gigi, sariawan, dan sakit maag

Jika Anda sudah merasa menyikat gigi secara teratur dan menggunakan penyegar mulut, pergilah ke dokter untuk berkonsultasi. Bisa saja kita sedang mengalami masalah lain, seperti kerusakaan gigi, pembusukan di gigi atau perut, hingga maag.

5. Mencuci mulut setelah makan makanan yang berbau menyengat

Makanan yang memiliki bau menyengat, misalnya bawang dan makanan pedas. Beberapa makanan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dari mulut. Berkumur dengan air atau mengonsumsi permen bisa menjadi salah satu alternatif.

6. Mengurangi alkohol dan rokok

Jika Anda adalah perokok dan suka minum alkohol, ini menjadi penyebab bau yang tidak sedap dari mulut. Oleh karena itu, mengurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol haruslah Anda lakukan.

Itulah enam cara mencegah bau mulut. Sama seperti pakaian yang kita kenakan, bau mulut juga dapat mencerminkan siapa diri kita. (magforwomen.com)