Find Us On Social Media :

Ma Jie, Gadis yang Seluruh Kulitnya Melepuh karena Mengidap Penyakit Kupu-Kupu yang Aneh

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 22 Juli 2015 | 12:30 WIB

Ma Jie, Gadis yang Seluruh Kulitnya Melepuh karena Mengidap Penyakit Kupu-Kupu yang Aneh

Intisari-Online.com - Seorang gadis belia berusia 7 tahun tiba-tiba seluruh kulitnya melepuh karena mengidap “penyakit kupu-kupu” yang aneh. Ma Jie yang tinggal di Cina telah didiagnosa dengan epidermolysis bullosa (EB), kelainkan genetik yang menyebabkan kulit menjadi serapuh laiknya kulit kupu-kupu.

Biasanya kondisi ini hadis sejak lahir, tapi Ma Jie mengalaminya ketika dia berusia tujuh tahun. Mula-mula Ma merasakan sakit di sekujur tubuhnya, lalu demam tinggi, lalu kulit tubuhnya tiba-tiba lecet, lama-lama mengelupas.

Orangtuanya telah mencoba menggunakan tisu toilet untuk membalut kulitnya tapi itu bukan luka biasa. Karena kulitnya terus mengelupas, Ma Jie akhirnya dibawa ke rumah sakit. Menurut People’s Daily, saat Ma Jie dirawat di rumah sakit dia sudah kehilangan sebagian besar kulitnya.

Selanjutnya, gadis malang itu harus menjalani operasi pencangkokan kulit menggunakan 930sq yang ada di kulit babi—mencakup sekitar sepertiga dari kulitnya. Operasi tersebut dinyatakan berhasil, tapi dokter masih menunggu bagaimana reaksi kulit Ma Jie pascaoperasi cangkok kulit.

“Apa pun yang terjadi, anak ini adalah bagian dari rumah saya dan saya harus menyelamatkannya dengan cara apa pun,” ujar Yu Guanghong, ibu angkatnya. Benar, Ma Jie saat ini berada dalam asuhan orangtua angkatnya.

“Saya akan bercerita tentang orangtua kandungnya ketika dia 18 tahun. Jika dia ingin kembali ke orangtua kandungnya, kami tidak keberatan. Kami hanya ingin dia menjadi baik,” lanjut Yu.

Epidemolysis bullosa adalah gangguan yang dapat disembuhkan dan diperkirakan telah menyerang sekitar 5 ribu orang di Inggris.