Find Us On Social Media :

Enam Hal yang Harus Dihentikan Ketika Sakit Leher

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 1 Agustus 2015 | 14:00 WIB

Enam Hal yang Harus Dihentikan Ketika Sakit Leher

Intisari-Online.com - Jika mengalami sakit leher, kita akan melakukan terapi fisik untuk mengurangi dan mengobati rasa sakit. Terapi fisik pada leher yang sakit atau nyeri memang dapat membantu kita kembali ke aktivitas normal, namun tidak hanya itu, ada beberapa hal yang harus kita hentikan ketika sakit leher menyerang:

1. Berhenti menunggu rasa sakit pergi dengan sendirinya

Ketika rasa sakit menyerang leher, jangan biarkan sakit itu hilang sendiri, kita harus segera mengambil tindakan. Jika kita biarkan atau kita tunggu, maka akan membuat rasa sakit semakin parah.

2. Berhenti membungkuk

Postur tubuh saat duduk atau berdiri adalah salah satu penyebab utama sakit leher. Jika kita melakukan terapi fisik saat memeriksa postur tubuh, maka kita akan diajarkan bagaimana secara konsisten mengubah postur tubuh dan cara tepat untuk duduk agar menjaga leher dalam posisi terbaik.

3. Jangan menghabiskan waktu hanya di atas sofa

Sebagian orang hanya menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran di sofa untuk menonton televisi, sebaiknya pergi berolahraga! Olahraga adalah salah satu cara utama untuk menghindari nyeri leher.

4. Jangan tidur dengan terlalu banyak bantal

Leher kita terdiri dari beberapa tulang yang membentuk kurva ke depan yang disebut lordosis. Ketika kita tidur dengan beberapa bantal, maka kita meregangkan kepala ke depan yang menyebabkan kita kehilangan lordosis serviks dan meningkatkan tekanan pada sendi serta otot leher.

5. Berhenti bermain gadget

Saat ini, kebanyakan orang yang menggunakan gadget untuk sekedar bermain game, chatting, dan lainnya selama berjam-jam. Posisi ini akan menyebabkan leher kita membentuk lengkungan yang ekstrim. Oleh karena itu, jika leher sudah terasa nyeri, sebaiknya berhenti bermain gadget!

6. Jangan bergantung pada pengobatan pasif

Pengobatan tau terapi pasif, seperti USG dan traksi leher untuk mengobati nyeri leher bukanlah cara yang efektid untuk mengobati sakit leher. Sebaiknya kita mengobati sakit leher dengan sendiri, dengan cara yang lebih aktif atau lebih efektif.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dihentikan ketika sakit leher menyerang kita. Sakit leher sering dialami banyak orang yang kemudian mengganggu pekerjaan bahkan waktu tidur kita, sehingga ini penting untuk kita ketahui. (about.com)