Find Us On Social Media :

Berbadan Gemuk, Namun Lincah Tidak Berarti Sehat!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 9 Agustus 2015 | 06:00 WIB

Berbadan Gemuk, Namun Lincah Tidak Berarti Sehat!

Intisari-Online.com - Mungkin kita pernah melihat bahkan memiliki teman yang berbadan gemuk, namun lincah. Mereka bisa berolahraga, seperti bermain sepak bola atau basket dengan lincah tanpa merasa terganggu oleh badan besarnya. Tahukah kita ternyata berbadan gemuk, namun lincah tidaklah berarti sehat?

Sebuah penelitian dalam jurnal “Obesity Research & Clinical Practice” yang dilakukan oleh peneliti gabungan dari Amerika Serikat dan Rumania menemukan bahwa orang yang kegemukan memiliki kadar kolestrol jahat, kadar resistensi insulin, serta tekanan darah yang lebih tinggi dibandingan orang-orang yang memiliki berat badan normal.

Tidak ada cara lain untuk mengurangi risiko di atas bahkan menghilangkannya dengan menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap normal. Studi dalam jurnal “Diabetes Care” menyebutkan, kita dapat mengurangi berat badan yang kegemukan hingga batas normal atau BMI di antara 18,5 sampai 22,9.

Untuk kita yang berbadan gemuk, jangan menganggap sepele masalah berat badan. Sebaiknya kita menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari risiko berbagai penyakit yang berbahaya.

Ingat, ya memiliki badan gemuk, namun lincah tidak berarti sehat! (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)