Find Us On Social Media :

Para Peneliti Menyebut Kehidupan Modern Sebagai Penyebab Wabah Penyakit

By Lintang Bestari, Selasa, 18 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Para Peneliti Menyebut Kehidupan Modern Sebagai Penyebab Wabah Penyakit

Intisari-Online.Com - Dapatkah polusi udara disalahkan karena menyebabkan penyakit dementia membunuh lebih banyak orang dari tahun-tahun sebelumnya? Teori tersebut pertama kali dijelaskan oleh para peneliti yang terlibat pada studi di 21 negara dari tahun 1989 hingga 2010. The Smithsonian melaporkan bahwa dementia yang biasanya diderita orang-orang di atas usia 60 tahun, ternyata saat ini mulai menyerang orang-orang berusia 40 tahun. Begitu juga pada penyakit alzheimer.

Jumlah kematian juga meningkat, terutama di Amerika. Laki-laki di atas 75 tahun berisiko meninggal tiga kali lebih cepat akibat penyakit syaraf. Wanita berisiko lima kali lipat lebih cepat. Jumlah tersebut meningkat jauh dari 20 tahun yang lalu, ungkap Washington Post.

Lalu, mengapa sekarang para peneliti menyebut kehidupan modern sebagai penyebab wabah penyakit? “Perubahan lingkungan dalam dua tahun ini menyebabkan peningkatan penggunaan bahan kimia pada kehidupan manusia seperti peningkatan jumlah kendaraan bermotor, pengunaan insektisida, perkembangan gelombang elektromagnetik, dan lainnya,” tulis pemimpin penelitian, Colin Pritchard dari Bournemouth University pada penelitiannya.

Para peneliti mengakui peningkatan bahan kimia itu juga bisa membantu perawatan kanker dan penyakit jantung. Namun di sisi lain, penggunaan bahan kimia berlebihan bisa membunuh orang-orang berusia lanjut sebelum penyakit dementia membunuh mereka.  Para peneliti mengatakan ini merupakan “panggilan” untuk segera membuat perubahan lingkungan dan gaya hidup, namun belum semua orang sadar akan hal itu. (foxnews.com)