Find Us On Social Media :

The Drinkable Book, Buku yang Bisa Membunuh Bakteri di Dalam Air

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 18 Agustus 2015 | 11:30 WIB

The Drinkable Book, Buku yang Bisa Membunuh Bakteri di Dalam Air

Intisari-Online.com - Ia disebut senagai the drinkable book alias “buku yang bisa diminum”. Buku ini bisa membunuh bakteri di dalam air. Ia mampu menyaring bakteri dalam air minum dan dianggap sebagai solusi jitu untuk mengatasi persoalan air bersih di negara-negara berkembang.

Buku ini berisi halaman yang bisa dirobek untuk menyaring air minum—dan telah terbukti sukses dalam sebuah uji coba awal. 

Bersama dengan informasi tercetak perihal cara menyaring air, buku ini juga berisi halaman yang telah diisi dengan nanopartikel perak dan tembaga—yang telah terbukti efektif dalam membunuh bakteri yang terbawa air.

Dan setelah buku ini diujicobakan pada 25 sumber air yang berbeda di Afrka Selatan, Ghana, dan Bangladesh, para ilmuwan menemukan bahwa kertas tersebut telah menghapus sekitar 99% bakteri yang ada di dalam air.

“Ini akan ditujukan bagi negara-negara berkembang,” ujar Dr Teri Dankovich, yang mengembangkan studi ini di Amerika Serikat dan Kanada, kepada BBC. “Yang perlu Anda lakukan adalah merobek kertas tersebut, memasukkannya ke dalam dudukan filter yang sederhana dan menuangkan air ke dalamnya, bisa dari sungai, sumur, dll, dan keluarlah air bersih—dengan bakteri yang sudah mati,” tambahnya menjelaskan bagaimana kertas ini berfungsi.

 

Selain itu, kegunaan dari temuan ini juga cukup mengesankan; dengan hanya satu halaman kita bisa membersihkan hingga 100 liter. Sementara untuk seluruh buku, diperkirakan bisa menyaring pasokan air untuk satu orang selama empat tahun.

Saat ini, Dr Dankovich berharap percobaan pada warga-warga miskin bisa berjalan dengan efektif. “Kita perlu melihat komentar orang untuk melihat lebih banyak efek yang akan timbul. Ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan ketika Anda adalah seorang ilmuwan,” tegas Dankovich.

Meski terbukti cukup ampuh membunuh bakteri, belum diketahui apakah buku ini secara efektif juga bisa menghilangkan mikro-organisme berbahaya lainnya.