Find Us On Social Media :

6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

By Lintang Bestari, Rabu, 19 Agustus 2015 | 14:30 WIB

6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Intisari-Online.com - Untuk mencegah masalah di rongga mulut, baik gigi berlubang hingga peradangan gusi, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Inilah 6 cara menjaga kesehatan gigi menurut drg. Citra:

Menyikat gigi dengan benarSelama ini, tentunya kita tak pernah lupa untuk menyikat gigi. Namun, apakah kita sudah melakukannya dengan benar? Menurut dokter lulusan Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran ini, menyikat gigi yang baik adalah dengan melakukan gerakan melingkar besar untuk sisi depan dan samping, gerakan menarik keluar untuk bagian dalam yang menghadap lidah dan langit-langit, serta gerakan maju mundur untuk bagian mahkota (atas) gigi dalam waktu minimal 2 menit. Gerakan dilakukan dengan tekanan ringan, gunakan bulu sikat yang lembut atau sedang. Sikat gigi setelah sarapan, makan siang dan sebelum tidur.

Gunakan sikat lidah atau benang gigi sebagai tambahanSikat lidah bisa membersihkan plak dan kotoran di lidah yang tidak terlihat. Sedangkan benang gigi bisa menjangkau kotoran di sela-sela gigi yang belum hilang hanya dengan sikat gigi saja. Berkumur-kumur dengan mouthwash juga bisa menjadi tambahan cara untuk membersihkan gigi. Namun, menurut drg. Citra, penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter gigi. Penyegar mulut tak selamanya baik karena bisa mengubah warna gigi.

Pembersihan plak dan karang gigiPembersihan karang gigi dengan rutin, juga salah satu kunci untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Kita harus mengunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali. Namun, hal ini disesuaikan juga dengan kondisi mulut dan gigi. Apabila kita merasa gigi kita bermasalah, maka kita tidak perlu menunggu hingga enam bulan. Konsultasi pun dilakukan lebih sering, misalnya jadi tiga bulan sekali.

Melakukan penambalan gigi atau perawatan saluran akar gigi jika diperlukanJika ada gigi berlubang, sebaiknya cepat-cepat ditindaklanjuti. Jangan ditunda-tunda lagi. Gigi yang berlubang dan sakit terus-menerus, tidak selalu harus dicabut. Gigi tersebut dapat dipertahankan dengan syarat sisa gigi serta perbandingan mahkota-akar gigi nya dapat menopang tambalan, tidak ada retak sampai ke akar gigi, dan keadaan jaringan di sekeliling gigi dan akar gigi tersebut baik.

Perlu perawatan saluran akar gigi untuk mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi. Juga untuk mengembalikan fungsi kunyah, fonetik, dan estetik melalui pembuatan tambalan gigi yang sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Batasi makanan manisKurangi konsumsi makanan manis, karbohidrat olahan dan minuman-minuman asam di antara waktu makan utama untuk mencegah gigi berlubang. “Biasanya yang mengandung gula-gula itu berbahaya bagi kesehatan gigi,” ujar dokter yang juga berpraktek di Ciputra Medical Center ini. Kita juga harus banyak mengonsumsi air putih untuk menjaga mulut tetap basah dan tidak asam agar mineral yang hilang dalam gigi bisa segera dikembalikan.

Gaya hidup sehatHindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol, karena berakibat buruk bagi rongga mulut. Kita juga tahu bahwa rokok itu sendiri saja sudah memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Itulah 6 cara menjaga kesehatan gigi. Selamat mencoba!