Find Us On Social Media :

Tujuh Manfaat Puasa untuk Tubuh

By Monalisa Darwin D, Senin, 24 Agustus 2015 | 06:00 WIB

Tujuh Manfaat Puasa untuk Tubuh

Intisari-Online.com - Ada banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih prima, baik fisik maupun mental. Salah satunya adalah dengan puasa. Ada yang memilih puasa selama satu hari, setengah hari, atau hanya minum air putih. Tidak ada yang salah, justru ini baik untuk tubuh. Setidaknya ada tujuh manfaat puasa untuk kita:

Ketika berpuasa, tubuh kita akan mengalami pembersihan secara alami. Paling tidak, kita harus melakukan puasa satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil dari manfaat ini. Tubuh kita sudah menerima banyak makanan terlebih jika makanan olahan, oleh karena itu dengan membersihkan sistem di dalam tubuh dengan cara puasa akan membantu tubuh kita menjadi murni kembali.

Hal ini tentu sudah diketahui banyak orang. Sebagian besar orang melakukan puasa untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Ketika puasa, proses pemecahan lemak akan meningkat, sehingga akan mengurangi simpanan lemak di dalam tubuh. Namun, yang harus diperhatikan adalah kita harus mendapatkan asupan yang cukup jika sedang tidak puasa. Hal ini merupakan trik agar tubuh tetap sehat dan fit.

Sama seperti anggota tubuh yang lain, sistem pencernaan juga membutuhkan istirahat.  Dengan puasa, maka akan memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan kita. Tidak hanya itu, puasa juga akan meningkatkan proses pemecahan glukosa yang membantu melepaskan lebih banyak insulin, sehingg menurunkan kadar gula dalam darah.

Dengan berpuasa, secara tidak langsung kita akan disadari bahwa selama ini sudah terlalu banyak makanan yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh yang kemudian menghasilkan racun, lemak, dan karbohidrat berlebih. Oleh karena itu, kita dapat menjadi tahu tentang cara hidup sehat.

Ketika kita berpuasa atau hanya mengonsumsi makanan organic, maka tubuh akan lebih terasa ringan dan segar secara otomatis. Selanjutnya, kita akan mendapatkan tubuh lebih energik dan bersemangat.

Puasa tidak hanya memberikan manfaat fisik, namun juga mental. Kejernihan mental dan kesadaran spiritual kita secara tidak langsung akan meningkat. Ini kemudian akan berpengaruh pada kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Masih ada beberapa manfaat puasa yang lainnya jika kita teratur menjalankannya, seperti meningkatkan relaksasi, memperlambat penuaan, tidur lebih baik, kulit lebih bersih, revitalisasi, mengurangi alergi, meningkatkan kegunaan indera kita.  (magforwomen.com)