Find Us On Social Media :

Makan Sambil Berjalan Membuat Gemuk

By Lintang Bestari, Selasa, 25 Agustus 2015 | 10:00 WIB

Makan Sambil Berjalan Membuat Gemuk

Intisari-Online.Com - Makan sambil berjalan buruk bagi seseorang yang sedang diet karena bisa membuat kita lebih gemuk. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sesuatu sambil berjalan, daripada sambil duduk, cenderung makan lebih banyak setelahnya.

Sebuah studi yang dilakukan University of Surrey menemukan fakta bahwa makan sambil berjalan memicu makan berlebihan dibanding kegiatan lainnya.

Para peneliti membagi 60 wanita ke beberapa grup: yang pertama mengonsumsi bar sereal sambil mengobrol dengan temannya, yang kedua sambil menonton serial Friends, dan grup yang ketiga diminta untuk berjalan di koridor.

Setelah eksperimen, partisipan diminta untuk melengkapi kuesioner dan mencicipi empat cemilan meliputi coklat, stik wortel, anggur dan keripik. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang makan sereal bar sambil berjalan mengonsumsi cemilan lebih banyak. Luar biasa, mereka mengonsumsi cokelat lima kali lebih banyak dibanding yang tidak makan sambil berjalan.

Profesor Jane Ogden dari University of Surrey menjelaskan mengapa makan sambil berjalan bisa membuat gemuk: “Berjalan merupakan distraksi paling kuat sehingga menganggu kemampuan kita untuk memproses dampak dari makan terhadap rasa lapar berikutnya. Atau bisa juga karena berjalan – meskipun hanya di lorong – merupakan bentuk olahraga kecil sehingga meminta tubuh kita untuk makan setelahnya,” paparnya. (mirror.co.uk)