Find Us On Social Media :

8 Berita Aneh tentang Orang-orang Bertangan Kidal (2): Celana Dalam Khusus Orang Kidal

By Ade Sulaeman, Selasa, 25 Agustus 2015 | 15:30 WIB

8 Berita Aneh tentang Orang-orang Bertangan Kidal (2): Celana Dalam Khusus Orang Kidal

Intisari-Online.com – Sebuah survei menemukan jumlah populasi mereka yang bertangan kidal, memiliki kecenderungan menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas sehari-hari, hanya 10 persen dari total semua penduduk bumi. Meski demikian tidak sedikit berita ‘aneh’ tentang orang-orang bertangan kidal ini. Berikut beberapa di antaranya.

* Lindungi pernikahan orang bertangan kidal

Pada 2012, dalam menanggapi upaya untuk mencabut hukum perkawinan gay di New Hampshire, pejabat Seth Cohn Rep mengumumkan niatnya untuk memperkenalkan amandemen yang melarang orang kidal menikahi orang kidal lainnya. Cohn mencatat bahwa undang-undang tidak akan diskriminatif karena "[Setiap orang memiliki] hak yang sama untuk menikahi orang non-kidal pilihan mereka." Pemrotes berunjuk rasa di luar statehouse New Hampsire mendukung amandemennya, membawa tanda-tanda seperti "Lindungi pernikahan orang kidal!" Cohn akhirnya mengakui, "Saya menggunakan humor untuk menunjukan pendapat."

* Celana dalam untuk orang kidal

Pada 2009, merek pakaian asal Inggris Hom melakukan debut pakaian dalam pria pertama di dunia yang dirancang untuk orang kidal. Pakaian dalam tersebut menampilkan pembukaan horisontal bukan celah vertikal yang lebih khas diakses dari sisi kanan. Produsen mengklaim bahwa produk ini bisa "menyelamatkan organ kelamin pria kidal." (Pada 2015, produk ini tampaknya tidak lagi untuk dijual.)

* Beasiswa untuk orang kidal

Pada 1979, Juniata College mendirikan beasiswa untuk siswa kidal, berkat hadiah dari almarhum Mary Francis Beckley, seorang bertangan kidal yang menghadiri kuliah dan bertemu suaminya yang juga kidal di kampus tersebut. Untuk memenuhi syarat mendapat beasiswa, senilai AS$1000 sampai AS$1500 per tahun, mahasiswa harus menunjukkan kebutuhan keuangan, menghadiri Juniata, memiliki nilai bagus, dan, tentu saja, bertangan kidal.

* Dominasi lubang hidung pada orang kidal

Sebuah artikel yang diterbitkan Maret 2005 di Laterality melaporkan bahwa kidal atau tidak tidak hanya ditentukan pada tangan mana yang lebih banyak digunakan, namun juga hidung mana yang lebih banyak dialiri udara. Penelitian menemukan bahwa pada hidung mereka yang kidal, 60 peren aliran udara terjadi di hidung sebelah kiri. Selain hidung, ditenggarai dominasi ini juga terjadi pada mata, kaki dan telinga.

(about.com)