Find Us On Social Media :

Fakta Tentang Pengobatan Akupuntur

By Monalisa Darwin D, Minggu, 6 September 2015 | 08:00 WIB

Fakta Tentang Pengobatan Akupuntur

Intisari-Online.com - Akupuntur adalah salah satu perawatan atau pengobatan yang mengikuti obat tradisional China. Praktik akupuntur mencoba menyeimbangkan tingkat energi pada diri seseorang yang disamakan dengan pengobatan modern, yaitu menyeimbangkan obat berbahan kimia pada tubuh manusia. Beberapa orang namun memperdebatkan pengobatan akupuntur ini dan ada banyak mitos yang mungkin belum kita ketahui, lalu apa saja fakta tentang pengobatan akunpuntur?

1. Tidak sakit

Gambaran tentang akupuntur banyak dikaitkan dengan jarum suntik yang terlihat menyakitkan, nyatanya itu tidak sakit. Jarum yang digunakan pada praktik akupuntur bukan seperti jarum suntik pada umumnya. Jarum akupuntur lebih tipis dan fleksibel, bahkan beberapa ada yang hanya setipis helai rambut.

2. Tidak hanya menghilangkan rasa sakit

Pengobatan akupuntur memang dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri atau sakit pada punggung, leher, dan lainnya. Namun, tidak hanya itu. Ternyata akupuntur juga dapat membantu kita yang mengalami masalah pencernaan, ketidakteraturan menstruasi, alergi, insomnia, dan lainnya.

3. Memiliki dosis seperti obat-obatan kimia

Pengobatan akupuntur kebanyakan tidak hanya dilakukan hanya satu kali. Ini sama seperti obat-obatan kimia pada umumnya yang menggunakan dosis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahkan tak jarang kita harus menjalankannya perawatannya hingga 10 kali.

4. Bukan praktik religi atau keagaman

Sebagian orang percaya mitos bahwa akupuntur memiliki keterkaitan dengan religiusitas alias keagamaan. Ini sama sekali tidak melibatkan keagamaan, ini hanya praktik pengobatan yang berusaha menyeimbangi tingkat energi di dalam tubuh manusia dengan cara alami.

5. Tidak memiliki efek samping seperti pada umumnya

Berbeda dengan obat berbahan kimia, akupuntur tidak efek samping yang berbahaya. Ia hanya membuat kita lebih rileks, tidur lebih baik, mengurangi stres, hingga membantu pencernaan.

6. Asuransi yang memberikan perawatan akupuntur

Akupuntur terbilang mahal, oleh karenanya ada asuransi yang menawarkan pengobatan akupuntur. Jadi, kita bisa merencanakan asuransi untuk menutup biaya perawatan akupuntur.

Itu dia fakta tentang pengobatan akupuntur yang mungkin belum kita ketahui. Pengobatan akupuntur hanya akan meningkatkan energi di dalam tubuh kita dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya.