Find Us On Social Media :

Inilah yang Terjadi pad Tubuh Kita saat Kekurangan Tidur (1)

By Lila Nathania, Sabtu, 12 September 2015 | 06:00 WIB

Inilah yang Terjadi pad Tubuh Kita saat Kekurangan Tidur (1)

Intisari-Online.com – Siapa yang sering begadang dan tidur kurang dari tujuh jam semalam? Anda mungkin berniat mengubah kebiasaan itu bila sudah tahu apa yang terjadi di tubuh saat kekurangan tidur.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit kekurangan tidur sekarang sudah sangat umum dan dapat digolongkan sebagai epidemi kesehatan publik. Menurut para peneliti yang tergabung dalam The American Academy of Sleep Medicine serta The Sleep Research Society, Anda harus tidur selama minimal tujuh jam dalam semalam.

Sayangnya, sekitar 30% orang dewasa memiliki kebiasaan tidur kurang dari enam jam dalam semalam. Mungkin Anda pun termasuk dalam golongan ini. Bila Anda kekurangan tidur, banyak hal buruk yang akan terjadi.

Secara fisik, perubahan yang terlihat adalah mata merah serta kantung mata berwarna hitam. Otak pun akan mengalami kesulitan dalam membuat keputusan, berkonsentrasi, serta mengingat sesuatu. Kulit wajah Anda juga makin jelas terlihat kerut-kerutnya.

Orang yang mengalami kekurangan tidur juga akan menurun sistem imunnya. Selain itu kekurangan tidur juga tidak baik bagi Anda yang sedang berniat menurunkan berat badan. Pasalnya, kurang tidur membuat metabolisme tubuh rendah sehingga pembakaran kalori sedikit. Padahal di saat yang sama kurang tidur justru membuat Anda sering merasa lapar sehingga bisa jadi makanan yang masuk lebih banyak namun pembakaran sedikit.

Selain hal-hal yang tampak secara fisik, ada juga hal-hal buruk yang akan terjadi pada tubuh saat kekurangan tidur dan tidak terlihat apa sajakah itu? Baca di artikel selanjutnya.

(yahoo.com)