Find Us On Social Media :

Tujuh Cara Alami Menaikan Berat Badan (1)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 13 September 2015 | 06:00 WIB

Tujuh Cara Alami Menaikan Berat Badan (1)

Intisari-Online.com - Memiliki tubuh yang bagus menjadi dambaan banyak orang. Sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan, melakukan berbagai diet dan berolahraga. Untuk mereka yang ingin menaikan berat badan, mereka mengonsumsi banyak kalori. Sayangnya, berat badan kerap tidak juga bertambah. Tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba tujuh cara alami menaikan berat badan berikut:

1. Hitung jumlah kalori yang dikonsumsi dalam satu hari

Hal ini penting karena akan menentukan asupan kalori harian. Untuk menentukan berapa banyak kalori yang dibutuhkan setiap harinya, kita bisa menghitung dengan RMR (Resting Metabolic Rate). Kita dapat menggunakan kalkulator online untuk menyelesaikannya. Setelah itu, barulah kita menghitung konsumsi harian, kalikan RMR dengan 1,15. Hasil yang didapat adalah jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya.

2. Menambah jumlah kalori yang dikonsumsi

Jika kita sudah mengonsumsi kalori sesuai dengan hasil perhitungan tadi, namun berat badan juga tak kunjung meningkat, kita bisa menambah sekitar 500 kalori setiap harinya. Terlebih jika kita bekerja di luar rumah dan berolahraga, maka kalori yang dikonsumsi tentu harus lebih banyak. Kita harus menentukan jumlah kalori yang terbuang selama beraktivitas, sehingga kita dapat menambah jumlah kalori yang sama untuk dikonsumsi.

3. Mengubah pola makan

Pastikan kita mengonsumsi makanan berat tiga kali sehari dan mengonsumsi makanan ringan yang sehat 2-3 kali setiap hari. Jangan lupa untuk mengonsumsi susu paling tidak satu gelas setiap hari untuk mendapatkan kalori ekstra.

4. Jangan mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Jangan mengonsumsi makanan yang memiliki lemak trans, walau mengandung kalori. Lemak trans biasanya ditemui dalam makanan olahan. Makanan olahan justru akan menyebabkan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.