Find Us On Social Media :

Heterochromia Iridium, saat Dua Bola Mata Memiliki Warna yang Berbeda

By Lady Ivonne, Selasa, 15 September 2015 | 10:00 WIB

Heterochromia Iridium, saat Dua Bola Mata Memiliki Warna yang Berbeda

Intisari-Online.com – Pernah melihat seseorang dengan dua bola mata yang memiliki warna berbeda? Tentunya yang terjadi secara alami, bukan karena menggunakan lensa kontak yang berwarna. Di dunia medis, perbedaan ini dikenal dengan nama Heterochroma Iridium.

Heterochroma iridium adalah kelainan yang terdapat pada iris mata. Kelainan ini biasanya terdiri dari dua bola mata yang memiliki warna yang berbeda. Misalnya bola mata mereka yang kiri mempunyai warna gelap sementara bola mata yang kanan memiliki warna terang. Bahkan ada juga yang menyebabkan bola mata memiliki beberapa variasi warna.

Warna iris mata biasanya bervariasi mulai dari coklat terang, biru sampai hitam gelap. Warna mata yang bervariasi ini biasanya ditentukan oleh jumlah melanin, yaitu suatu pigmen coklat yang terdapat dalam bagian mata yang disebut iris. Jika mata berwarna biru, hal ini disebabkan oleh sedikitnya jumlah melanin, namun jika mata berwarna coklat, berarti jumlah melanin yang dikandung banyak.

Orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mata mereka berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga mata mereka biasanya berwarna lebih terang.

Meski unik, kelainan yang biasanya ditemukan  tidak berbahaya. Namun ternyata manusia juga dapat memiliki kelainan ini.Penyebab kelainan ini bisa dikarenakan keturunan, trauma, maupun karena pengobatan yang dapat meningkatkan atau mengurangi pigmentasi pada salah satu iris. Beberapa publik figur yang memiliki kelainan mata heterochroma iridium adalah Kate Bosworth, Mila Kunis, Max Scherzer, Michael Schwimer dan Simon Pegg.