Find Us On Social Media :

Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Banyak Manfaatnya

By Lady Ivonne, Jumat, 18 September 2015 | 13:30 WIB

Minum Susu Sebelum Tidur, Ternyata Banyak Manfaatnya

Intisari-Online.com - Bagi penyuka susu, tentu tahu susu banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, banyak sekali penggemar susu dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Namun, mereka biasanya hanya mengonsumsi susu di pagi hari, padahal minum susu saat malam hari juga memiliki banyak manfaat

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Meminum segelas susu hangat sebelum tidur, dapat membuat tidur kita lebih nyenyak. Mengapa? Karena dalam susu terdapat zat triptofan, yang dapat mengubah hormone melatonin yang dapat membuat tidur nyenyak pada malam hari. Bagi yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, cobalah minum segelas susu agar tidur lebih rileks dan nyenyak.

2. Menunda Lapar

Bagi yang malas makan pada malam hari atau sedang dalam program diet, bisa memilih susu sebagai alternatif untuk menunda lapar. Selain itu, susu juga tersedia dengan berbagai rasa yang variatif sehingga kita tidak perlu merasa bosan dengan rasanya.

3. Mempermudah Penyerapan Kalsium

Saat kita tidur tentu tubuh kita mengalami masa pertumbuhan dan lebih mudah menyerap kalsium yang terkandung dalam susu. Dengan melakukan penyerapan kalsium yang lebih mudah, tentu saja tingkat kecenderungan tubuh kita mencegah osteoporosis semakin tinggi.

4. Menenangkan Sistem Saraf

Seharian bekerja, bertemu orang-orang baru dan stress memikirkan deadline ataupun tugas tentu dapat membuat system saraf kita bekerja terlalu keras. Dengan minum susu hangat, kita dapat membuat system saraf kita sedikit tenang. Selain itu, otot-otot yang semula tegang dapat kembali rileks.

5. Memperlancar Saluran Pencernaan

Manfaat lainnya yang tidak diduga dari minum susu sebelum tidur ternyata adalah dapat memperlancar saluran pencernaan. Jadi bagi yang sedang mengalami masalah dalam pencernaan, susu bisa menjadi alternatif untuk memperlancar pencernaan.

Cukup banyak manfaatnya bukan? Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan lagi luangkan waktu kita untuk minum susu sebelum tidur dan jadikan sebagai rutinitas untuk kesehatan kita yang lebih baik.