Find Us On Social Media :

Ketika Makan Sambil Tertawa, Makanan Akan Keluar dari Hidung

By Monalisa Darwin D, Minggu, 20 September 2015 | 12:00 WIB

Ketika Makan Sambil Tertawa, Makanan Akan Keluar dari Hidung

Intisari-Online.com - Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami hal ini. Ketika kita makan sambil ngobrol dan tertawa, maka akan tersedak yang kemudian menyebabkan makanan keluar dari hidung. Kejadian seperti ini biasanya membuat hidung kita terasa sedikit sakit. Tahukah kita sebenarnya mengapa ketika makan sambil tertawa menyebabkan makanan keluar dari hidung?

Seperti yang kita ketahui hidung dan mulut berhubungan di bagian belakang tenggorokan. Ketika kita menelan makanan atau minuman, langit-langit lunak dan uvula bergerak naik, ke belakang, dan menyingkir untuk membuat makanan atau minuman mengalir masuk tanpa hambatan.

Pada posisi tersebut, posisi langit-langit lunak juga akan menghambat saluran udara, sehingga udara kembali ke luar melalui hidung. Dan ketika kita sedang tidak menelan sesuatu, langit-langit lunak dan uvula kembali ke posisi biasa yang memungkinkan udara mengalir keluar masuk dengan bebas dari hidung ke tenggorokan.

Jadi, jika kita mulai tertawa setelah menelan, maka langit-langit dan uvula kembali ke posisi istirahat yang memungkinkan udara keluar, yang kemudian tekanan tawa akan mendorong makanan atau minuman keluar melalui tenggorokan ke hidung dan keluar.

Nah, itu dia mengapa ketika makan sambil tertawa, makanan akan keluar dari hidung kita. Sebaiknya kita menghabiskan makanan dan minuman terlebih dulu baru ngobrol dan tertawa! (Mark Leyner & Billy Goldberg dalam “Why Do Men Fall Asleep After Sex?”. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama)