Find Us On Social Media :

15 Cara Membantu Anak Mengetahui Kecerdasan dalam Dirinya (1)

By Axel Natanael Nahusuly, Sabtu, 3 Oktober 2015 | 08:00 WIB

15 Cara Membantu Anak Mengetahui Kecerdasan dalam Dirinya (1)

Intisari-Online.com - Sebagai orang tua kita dapat memainkan peran penting dalam membangkitkan kemampuan belajar anak kita. Terutama untuk membantu anak mengetahui kecerdasan dalam dirinya.Menurut Thomas Armstrong, Ph,D,  jenis kecerdasan anak. Yakni, word smart, number smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart, dan nature smart.Tapi untuk mengetahui kecerdasan yang dimiliki sang anak, tentu kita sebagai orang tua harus membantung. Berikut 15 cara membantu anak mengetahui kecerdasannya 

1.  Biarkan anak Anda menemukan minatnya sendiri. Perhatikan aktivitas yang dipilihnya. Kesempatan untuk bermain bebas ini dapat banyak menunjukkan dimana kemampuan khusus yang dimilikinya.

2.  Perkenalkan anak Anda ke berbagai jenis pengalaman yang luas cakupannya. Hal ini dapat mengaktifkan kecerdasan pembelajaran laten mereka. Jangan berasumsi bahwa dia tidak cerdas di area tersebut hanya karena dia tidak menunjukkan minat.

3.  Berikan kesempatan anak Anda untuk melakukan kesalahan. Jika dia harus melakukan semuanya dengan sempurna, dia tidak akan pernah mengambil risiko untuk menemukan atau mengembangkan kemampuan pembelajaran khususnya.

4.  Bertanyalah. Bantu anak Anda untuk menjadi terbuka ke hal menarik di dunia dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti: Kenapa langit berwarna biru? Temukan jawabannya bersama.

5.  Rencakan kegiatan keluarga bersama. Kreativitas bersama dapat membangkitkan dan mengembangkan potensi pembelajaran yang baru.

6.  Jangan paksa anak Anda untuk belajar. Jika anak-anak dikirim ke kursus khusus setiap hari untuk belajar dengan harapan mereka dapat mengembangkan kemampuan belajar mereka, mereka mungkin bisa menjadi terlalu stres atau lelah untuk bersinar. Semangati, namun jangan paksakan.