Find Us On Social Media :

5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan

By Agra Winona, Selasa, 13 Oktober 2015 | 06:00 WIB

5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kesehatan

Intisari-Online.com – Kebanyakan orang terlalu fokus menjaga kesehatannya hanya dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga. Namun sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Berikut ini lima cara mudah untuk meningkatkan kesehatan yang patut dicoba:

1. Tersenyum

Cara paling mudah dan efektif untuk merubah susunan kimia dalam tubuh adalah dengan tersenyum. Berbagai studi sudah menunjukan keuntungan dari tersenyum dan tertawa. Dengan memiliki kebiasaan tersenyum, otak akan terprogram untuk merasa senang dan sehat.

2. Bernapas pelan dan dalam

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa bernafas pendek-pendek dapat merugikan kesehatan, seperti menyebabkan alveolus menutup, pengerasan paru juga berkurangnya asupan oksigen dan mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

Satu tarikan napas yang pelan dan dalam dapat secara signifikan meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan vitalitas aliran darah.

3. Berdiri tegak

Berdiri dan duduk tegak tidak hanya berefek pada kesehatan fisik, tapi juga bisa meningkatkan mood dan energi.

Memiliki postur tubuh yang baik dapat merubah susunan kimia dalam tubuh dengan cepat. Saat berdiri tegak, tubuh mengurangi produksi cortisol yang menyebabkan stres dan gugup, dan meningkatkan testosterone yang membuat Anda merasa percaya diri.

4. Menjaga tingkat stres

Stres merupakan reaksi tubuh yang natural namun stres berlebih dapat menganggu kesehatan. Cara mudah untuk menjaga tingkat stres selain bernapas dalam-dalam adalah dengan memeriksa tubuh, yaitu dengan mencari titik otot yang tegang untuk kemudian merilekskan bagian otot tersebut.

5. Berpikir positif

Tips terakhir dari lima cara mudah untuk meningkatkan kesehatan adalah berpikir positif. Pikiran merupakan fondasi kesehatan. Dengan berpikir positif maka akan berpengaruh positif juga terhadap kesehatan.

(huffingtonpost.com)