Find Us On Social Media :

Lima Cara Mudah Mengatasi Tidur Malam yang Buruk

By Monalisa Darwin D, Rabu, 14 Oktober 2015 | 14:00 WIB

Lima Cara Mudah Mengatasi Tidur Malam yang Buruk

Intisari-Online.com - Kurang tidur menjadi masalah banyak orang yang kemudian akan memengaruhi kesehatan tubuh hingga menurunnya daya ingat serta konsentrasi saat bekerja. Waktu yang dianjur untuk tidur malam adalh tujuh hingga delapan jam, namun sebagian dari kita tak mendapatkan cukup waktu itu. Ada tawaran lima cara mudah mengatasi tidur malam yang buruk untuk kita:

1. Kekuatan tidur siang

Tidur siang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan, kreativitas, dan produktivitas yang lebih besar. Namun, sebagian orang melaporkan bahwa mereka merasa lebih lelah, mengantuk, dan pusing setelah tidur siang. Oleh karenanya, salah satu yang perlu diperhatikan adalah membatasi durasi tidur siang dan menjadwalkannya dengan konsisten.

2. Makan makanan sehat, bukan junk food!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara obesitas dan kurang tidur. Ketika kita kurang tidur, maka akan memunculkan hormon yang mengontrol rasa lapar. Kurangnya energy dan waktu juga dapat berkontribusi pada pemilihan makanan yang buruk. Akibatnya jika kurang tidur, maka kita cenderung meraih makanan yang banyak mengandung gula dan lemak, sehingga membuat kelelahan.

3. Minum banyak air

Sangat penting untuk kita mengonsumsi air yang banyak jika kita mendapati waktu tidur yang kurang. Asupan air yang cukup akan membuat fungsi otak lebih optimal. Kemudian, menambahkan es pada air minum akan membantu kita merasa lebih terjaga.

4. Tidur lebih awal

Memang penting menjaga waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten, namun jika kita kekurangan waktu tidur, tak ada salahnya untuk tidur lebih awal agar membuat kita merasa lebih segar pada esok harinya.

5. Gerakkan tubuh

Efek kurang tidur kebanyakan dirasakan di sore hari. Jika sore hari digunakan untuk tidur, sepertinya sudah kurang tepat. Untuk menghilangkan ngantuk atau perasaan lelah di sore hari, sebaiknya kita menggerakkan tubuh dengan berolahraga atau sekadar jogging di sekitar rumah. Tidak hanya membangunkan tubuh, namun ini juga akan merangsang otak.

Lima cara mudah mengatasi tidur malam yang buruk ini semoga dapat membantu kita yang sering mendapati waktu tidur yang kurang. (about.com)