Find Us On Social Media :

Ingat, Beda Karateristik Kulit, Beda Penanganan!

By Lintang Bestari, Kamis, 22 Oktober 2015 | 09:00 WIB

Ingat, Beda Karateristik Kulit, Beda Penanganan!

Intisari-Online.com - Kesehatan kulit berhubungan dengan kualitas hidup seseorang. Kita pasti menginginkan penampilan yang menarik dengan kulit halus dan bersih. Untuk mendapatkan hal tersebut, biasanya kita menggunakan pemutih wajah atau obat muka yang beredar di pasaran. Padahal, belum tentu obat tersebut cocok untuk kulit kita karena masing-masing orang memiliki karateristik sendiri. Dan tentu saja, beda karateristik kulit, maka beda pula penanganannya.

Menurut dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK, dari Klinik Spesialis Kulit Bamed Skin Care, hal ini cukup memprihatinkan karena saat ini banyak juga pelayanan kesehatan kulit dan kelamin yang memberikan treatment sama pada semua pasiennya tanpa melihat kondisi kulit mereka terlebih dahulu. Bahkan, krim wajah yang diberikan pun sama antara satu dan yang lainnya. “Perlu disadari bahwa tidak ada satu obat yang cocok untuk semua orang,” ujar dr. Adhimukti pada Seminar “Jangan Sembarangan, Cermatlah dalam Merawat Kulit!” di The 101 Hotel Sedayu Darmawangsa, (21/10).

Untuk mengatasi masalah kulit, sebaiknya menggunakan metode peremajaan kulit yang individual (individualized therapy). Artinya, penanganan masalah kulit seseorang tersebut disesuaikan dengan jenis kulit, usia, kebutuhan dan juga aktivitas sehari-hari pasien. “Jangan lupa bahwa keseharian pasien juga penting,” kata dokter berkacamata ini.

Misalnya, ada ibu rumah tangga yang setiap hari mengantar jemput anaknya ke sekolah. Paparan sinar matahari mempengaruhi kondisi kulitnya. Ada pula seorang karyawati sebuah perusahaan yang wajib memakai make up setiap hari di kantornya. Tentunya kondisi kulit mereka akan berbeda dan penanganannya pun berbeda.

Oleh karena itu, konsultasi dengan spesialis kulit dan kelamin sangat diperlukan karena mereka akan mengerti kondisi kulit dan perawatan apa yang cocok untuk kita. Dr. Adhimukti juga mengingatkan, jangan pernah mencoba menangani masalah kulit sendiri meskipun sudah banyak informasi yang beredar di internet. “Nantinya malah bisa menimbulkan luka dan infeksi di wajah,” tuturnya.

Jika memiliki permasalahan pada kulit, sebaiknya langsung mencari pertolongan para ahli. Ketepatan waktu dan spesialisnya menjadi kunci keberhasilan perawatan kulit.