Find Us On Social Media :

Yang Wajib dan yang 'Haram' Dilakukan Jika Ingin Tidur Siang dengan Baik (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 25 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Yang Wajib dan yang 'Haram' Dilakukan Jika Ingin Tidur Siang dengan Baik (2)

Intisari-Online.com - Banyak orang yang mengalami kurang tidur di malam hari, bahkan ada yang tidak mendapatkan tidur yang nyenyak. Salah satu cara untuk menggantinya adalah dengan tidur siang. Tidur siang ternyata membantu proses pemulihan karena kurangnya tidur di malam hari, meningkatkan kewaspadaan, kreativitas, ingatan, serta produktivitas. Namun, ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan agar mendapatkan tidur siang yang baik.

Tidur siang dimaksudkan agar tubuh lebih segar, namun jika kita mengonsumsi alkohol atau menggunakan obat bantu untuk dapat tidur, justru kita akan bangun dengan perasaan yang lebih lelah dan kepala pusing.

Durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah selama dua puluh menit. Aturlah agar lama waktu ini konsisten setiap harinya. Penting untuk menjaga durasi tidur siang yang pendek, karena jika tidak kita akan tidur lebih dalam yang akan membuat kita sulit bangun.

Diketahui bahwa kopi justru sulit membuat kita tertidur karena kandungan kafeinnya, namun jika kita mengetahui dan mengatur waktu yang tepat, minum kopi sebelum tidur siang malah akan membuat tingkat kesigapan kita lebih tinggi setelah bangun. Sebuah studi tentang pengemudi yang kurang tidur menunjukan bahwa kafein dikonsumsi lima belas menit sebelum tidur siang adalah waktu yang paling efektif karena akan mengurangi kantuk serta gangguan mengemudi setelah bangun tidur.

Itulah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan agar mendapatkan tidur siang yang baik, sehingga manfaat dari tidur siang benar-benar kita rasakan dan membuat tubuh selalu fit setiap harinya. (about.com)