Find Us On Social Media :

Beragam Manfaat Lidah Buaya

By Monalisa Darwin D, Senin, 26 Oktober 2015 | 06:00 WIB

Beragam Manfaat Lidah Buaya

Intisari-Online.com - Lidah buaya yang juga dikenal dengan sebutan aloe vera memiliki banyak kandungan yang cukup lengkap, seperti mineral, vitamin, enzim, protein, dan asam amino. Lidah buaya dapat membantu kita mulai dari mengobati luka, hingga menjadi berbagai produk kesehatan serta kecantikan. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah beragam manfaat lidah buaya:

Lidah buaya dapat membantu mengatasi luka bakar, gigitan serangga atau pun masalah pencernaan. Kita dapat mengonsumsi gel dari lidah buaya atau dibuat jus. Minuman ini berperan sebagai pengobatan secara internal dan dipercaya akan membantu mencegah konstipasi dan melancarkan saluran pencernaan.

Lidah buaya dapat membantu mengembalikan jaringan kulit yang terluka. Dalam hal ini, lidah buaya berperan sebagai obat eksternal, dimana menggunakan gel dari lidah buaya yang kemudian dioleskan pada kulit yang bermasalah, mulai dari akibat luka bakar, hingga jerawat.

Lidah buaya juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mencegah penyakit degenerative.

Karena kandungannya cukup lengkap, maka lidah buaya banyak digunakan di berbagai produk kecantikan atau kosmetik, misalnya krim, lotion, dan sabun. Kandungan ini akan meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit, memperkuat jaringan kulit, hingga membantu mencegah penuaan dini.

Manfaat yang satu ini sepertinya sudah diketahui banyak orang. Dengan mengambil gel pada lidah buaya dan mengoleskannya pada kulit kepala secara teratur, maka rambut kita akan tumbuh subur. Setelah dioles gel lidah buaya, jangan lupa untuk membersihkan dan membilas rambut dengan air bersih.

Itu dia beragam manfaat lidah buaya yang bisa kita gunakan dalam keseharian. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)