Find Us On Social Media :

Menggosok Gigi saat Lampu Dimatikan Bisa Membantu Tidur Lebih Cepat?

By Agra Winona, Rabu, 4 November 2015 | 12:30 WIB

Menggosok Gigi saat Lampu Dimatikan Bisa Membantu Tidur Lebih Cepat?

Intisari-Online.com — Selain menyebabkan menurunnya tingkat kreativitas dan kognitif, kurang tidur juga bisa menekan sistem imun serta meningkatkan risiko obesitas, kanker, dan juga gangguan mental. Lalu bagaimana cara agar cepat tidur di malam hari? Menurut Oxford Neuroscientist, menggosok gigi saat lampu dimatikan bisa membantu tidur lebih cepat.

Menurut Russel Foster, profesor yang mempelajari circadian neuroscience, cahaya terang dari lampu kamar mandi bisa membuat tubuh terbangun saat seharusnya tubuh mulai tertidur.

Pada dasarnya, manusia memiliki jam biologis yang mengikuti cahaya sekitar, terbangun saat terang dan tidur saat gelap. Tapi penemuan lampu berarti cahaya tersedia selama 24 jam sehari dan ini bisa membuat tubuh bingung dengan ritme naturalnya sendiri.

Studi di Amerika Serikat menemukan bahwa duduk terlalu jauh dari jendela saat bekerja bisa mengurangi 46 menit dari waktu tidur normal. Hari yang cerah setara dengan 10.000 lux cahaya, sementara pencahayaan di ruang kantor biasanya hanya sebanyak 300 - 500 lux.

Saat menggosok gigi saat lampu dimatikan sebelum tidur, tubuh akan menyesuaikan diri dengan ritme naturalnya dan Russel percaya bahwa dengan menggosok gigi di ruangan yang gelap, rasa kantuk dan tidur akan datang lebih cepat.