Find Us On Social Media :

Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Lebih Banyak Makan?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 8 November 2015 | 13:30 WIB

Benarkah Kurang Tidur Sebabkan Lebih Banyak Makan?

Intisari-Online.com - Jika kita sering merasa lebih lapar dari biasanya, cobalah periksa jam tidur kita apakah cukup atau kurang. Pasalnya, ada isu yang menyebut bahwa kurang tidur sebabkan lebih banyak makan. Benarkah demikian?

Ketika kita merasa lebih lapar karena kurang tidur ternyata memang menjadi hal yang wajar. Studi dalam jurnal PLOS Medicine menyatakan, kurang tidur akan mengaktifkan salah satu bagian tubuh yang bertanggung jawab akan rasa lapar, sehingga kita akan merasa lebih lapar dan kalap makan.

Studi lainnya juga menemukan, rata-rata orang yang jam tidurnya lebih sedikit satu sampai dua jam daripada seharusnya, cenderung akan mengonsumsi sekitar 500 kalori lebih banyak. Tahukah kita untuk membakar kalori sebanyak itu, kita harus berenang selama 77 menit atau tiga jam mencuci mobil. Jika kelebihan kalori tersebut masuk setiap hari dan tidak dibakar, maka dalam satu minggu berat badan kita dapat naik hingga satu kilogram.

Nah, jadi memang ada benarnya jika kita kurang tidur akan sebabkan lebih banyak makan. Untuk itu, atur waktu tidur serta pola makan yang benar, ya! (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)