Find Us On Social Media :

Tips Diet Sehat Pasca Melahirkan

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 28 November 2015 | 06:00 WIB

Tips Diet Sehat Pasca Melahirkan

Intisari-Online.com - Memiliki anak tentu menjadi impian setiap pasangan yang menikah. Bagi wanita, menjadi seorang ibu tentunya merupakan hal sangat membahagiakan. Namun, ada kegelisahaan yang terselip dalam hati setiap ibu setelah melahirkan, yaitu cara menurunkan berat badan. Sebagian ibu khawatir jika melakukan diet akan mempengaruhi kesehatan anaknya. Nah, ada cara sederhana untuk diet sehat pasca melahirkan yang bisa dicoba!

Bagi ibu yang menyusui, patutlah bergembira karena menyusui adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan ke semula, seperti sebelum hamil. Pada saat menyusui, tubuh akan membakar sekitar 500 kalori secara otomatis per harinya.

Makanan yang dikonsumsi tetap menjadi hal yang penting untuk menjaga berat badan. Bagi ibu pasca melahirkan, perbanyaklah makan sayur, buah, dan makanan rendah lemak. Namun, bukan berarti sama sekali tidak mengonsumsi lemak, bisa saja memilih daging yang sudah dibuang sebagian lemaknya.

Bagi yang suka mengonsumsi kudapan, sediakanlah kudapan yang memiliki kandungan gizi, seperti yoghurt rendah lemak atau biscuit rendah lemak. Dengan begitu, tidak akan tergoda untuk mengudap makanan ringan lain yang biasanya banyak mengandung garam dan tidak bergizi. Jangan lupa pula untuk memperbanyak minum air putih.

Berolahraga menjadi kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari mengonsumsi makanan sehat untuk melakukan diet. Untuk ibu pasca melahirkan, olahraga yang dipilih juga harus disesuaikan, misalnya yoga atau berenang karena dapat melatih seluruh otot tubuh. Mengurusi bayi, mulai dari memandikan, mengajak jalan-jalan di pagi atau sore hari juga menjadi kegiatan berolahraga. Untuk mengajak jalan-jalan selama kurang lebih satu jam, dapat membakar sekitar 200 kalori.

Diperlukan waktu sekitar dua hingga tiga bulan setelah melahirkan untuk ibu yang akan berolahraga, dimana tubuh pun sudah lebih kuat.

Diet sehat pasca melahirkan juga sama seperti diet pada umumnya, dimana tidak dapat menurunkan berat badan dengan instan. Oleh karenanya diperlukan kesabaran yang diikuti pola makan seimbang dan olahraga rutin agar juga mendapatkan kualitas ASI dan kesehatan ibu yang baik. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)