Find Us On Social Media :

Langkah Mudah Peroleh Kebugaran Lewat Sauna

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 28 November 2015 | 10:30 WIB

Langkah Mudah Peroleh Kebugaran Lewat Sauna

Intisari-Online.com - Tubuh yang bugar dapat membantu kita dalam menjalankan aktivitas dengan maksimal dan menjaga kebugaran merupakan rangakaian dari beberapa proses dan memerlukan satu sinergi untuk memberi hasil yang diinginkan. Mungkin tidak kita sadari bahwa langkah mudah peroleh kebugaran adalah dengan sauna. Mandi sauna biasanya dilakukan setelah berolahraga di pusat kebugaran.

Sebagian orang beranggapan bahwa sauna hanya sebagaian dari pelengkap ritual. Padahal, jika ditilik lebih dalam, mandi sauna memiliki beragam manfaat sehat untuk tubuh dan ini sudah dikenal di seluruh dunia. Di masa awalnya, sauna digunakan untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menyegarkan pikiran, dan tubuh. Hingga sekarang, manfaat kesehatan dari sauna masih menjadi dasar seseorang untuk melakukannya.

Sauna memang dianjurkan menjadi rangkaian penutup setelah berolahraga, karena sauna dapat membantu mengendurkan kembali otot tubuh yang mengejang dan berkontraksi saat berolahraga atau setelah bekerja dengan intensitas dan ketegangan tinggi. Rasa pegal dan otot terasa tegang itu disebabkan jaringan otot yang menumpuk. Jadi, ketika melakukan mandi sauna, tubuh akan mengeluarkan racun, melancarkan peredaran darah, dan memperbaiki jaringan otot.

Keringat yang dikeluarkan tubuh dari mandi sauna ini merupakan hasil dari pembakaran tubuh karena metabolisme tubuh yang meningkat selama proses sauna. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa sauna selama 20-30 menit dapat membantu membakar hingga 300-400 kalori.

Uap panas yang dihasilkan dari sauna juga akan membuka pori-pori kulit, dimana ini akan membantu mengeluarkan kotoran hingga racun di dalam tubuh. Dengan ini, kulit akan terasa lebih bersih, kencang, sehat, dan segar. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasakan untuk mengonsumsi air putih sebelum dan setelah melakukan sauna.

Meski langkah mudah memperoleh kebugaran melalui sauna ini memiliki manfaat yang banyak, namun harus diperhatikan bahwa tidak semua orang dapat melakukannya, seperti pada ibu hamil dan orang yang memiliki masalah pada saluran pernapasan. Keluarlah dari ruangan sauna jika merasa pusing, kesulitan bernapas atau keluhan lainnya. (Maria Immaculata R. A. & Antonius Sulistyo P. dalam “Menjaga Penampilan dan Kesehatan Perempuan”. Penerbit: Buku Kompas)