Find Us On Social Media :

Mencegah Diabetes dari Dalam Kantor

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 11 Desember 2015 | 14:00 WIB

Mencegah Diabetes dari Dalam Kantor

Intisari-Online.com - Duduk terlalu lama memperbesar risiko terkena diabetes. Kebiasaan ini memperlambat kerja otot sehingga fungsi insulin menurun dan glukosa pun sulit diserap tubuh. Lalu bagaimana dengan kita para pekerja kantoran yang sebagian besar rutinitasnya mengharuskan kita duduk berjam-jam? Jangan khawatir, jika ada niat baik, sejatinya kita bisa mencegah diabetes dari dalam kantor.

Penelitian di University of Otago di Selandia Baru menyatakan, jalan kaki selama dua menit setiap setengah jam dapat menurunkan kadar gula darah. Kebiasaan ini bahkan lebih efektif daripada meluangkan 30 menit untuk jalan cepat pada waktu pagi. Jika dilakukan setiap hari, risiko diabetes pun ikut mengecil.

Tak hanya berjalan kaki, banyak aktivitas di dalam kantor lainnya yang bisa membantu kita menghindari risiko diabetes. Berikut di antarany:

Latihan pernapasan

Oksigen yang mengalir baik dalam tubuh dapat melancarkan aliran darah, mengoptimalkan daya ingat, dan mendatangkan beragam manfaat lain. Latihan pernapasan ini tidak sulit, bahkan sangat sederhana. Tarik napas dalam-dalam dengan otot perut dan tahan selama beberapa detik. Lalu, embuskan napas perlahan sambil mengendurkan perut. Ulangi selama beberapa menit hingga tubuh terasa segar.

Squat di meja

Setiap lima menit squat membakar 70 kalori dalam tubuh. Gerakan kecil ini tidak membutuhkan tempat luas dan dapat langsung dilakukan di kubikel atau depan meja kerja. Luangkan waktu untuk squat sambil mengistirahatkan mata dari layar komputer. Kami cukup menegakkan tubuh, lalu menurunkannya sampai posisi jongkok atau setengah jongkok.

Ganti elevator dengan tangga

Bakar kalori dalam tubuh dengan memanfaatkan tangga di kantor. Tidak perlu ekstrem, tapi cukup naik dua atau tiga lantai melewati tangga lalu lanjutkan perjalanan ke atas memakai elevator.

Yoga

Kami bisa melakukan gerakan yang disebut seated chair twist. Ini merupakan alternatif relaksasi punggung dan pinggang. Mulai gerakan dengan menegapkan tubuh. Lalu, letakkan tangan kiri di bagian kanan kursi dan putar tubuh ke arah kanan. Tahan posisi ini hingga 5 sampai 8 kali tarikan napas. Ulangi dengan arah sebaliknya.

Kerjakan sendiri

Artinya kita harus sering bergerak. Sering kali kita meminta tolong orang lain untuk sekadar membeli makan siang atau menggkamikan dokumen. Padahal, kegiatan kecil ini membuka kesempatan untuk sering bergerak jika dilakukan sendiri.