Find Us On Social Media :

Ingat, Pengobatan Harus Disesuaikan dengan Jam Tubuh (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 12 Desember 2015 | 06:00 WIB

Ingat, Pengobatan Harus Disesuaikan dengan Jam Tubuh (1)

Intisari-Online.com - Sering tidak kita ketahui bahwa ternyata untuk melakukan pengobatan haruslah disesuaikan dengan jam tubuh pasien. Dalam dunia medis, hal ini dikenal dengan chronotherapeutics dan ini terutama untuk kasus darah tinggi, darah tinggi, dan asma.

Penelitian oleh American Medical Association (AMA) menunjukkan bahwa serangan asma yang diderita lebih dari 15 juta orang Amerika sering terjadi pada malam hari, terutama pada sekitar pukul 04.00 dini hari. Ini kemudian memiliki konsekuensi pengobatan yang dilakukan harus sedemikian rupa agar efektif ketika radang sistem pernapasan pasien sedang kuat. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menciptakan efek yang berlangsung pada waktu tertentu.

AMA menyebut bahwa pengobatan melawan asma lebih efektif bila dilakukan pada sore hari. Hal ini agar mencegah munculnya gejala dibandingkan siang hari saat gejala sudah terjadi. Pengobatan asma juga lebih bermanfaat bila pengaturan pengobatannya diberikan pada waktu malam hari, karena bisa mengurangi penyakit tersebut.

Pengobatan sesuai jam tubuh ini berkembang di Amerika Serikat berdasarkan pada prinsip pengobatan yang harus mempertimbangkan ritme biologis, seperti penyesuaian tubuh pada siklus siang malam, siklus menstruasi yang sebulan sekali pada wanita, atau bahkan siklus musim.

Agar efektif secara optimal dan aman, obat-obatan yang akan diberikan pada pasien harus dirancang secara tepat, dengan jumlah tepat, dan waktu yang tepat pula. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan efek yang diinginkan dari obat, sekaligus mengendalikan efek samping yang tidak diinginkan dari pengobatan tersebut.