Find Us On Social Media :

Obesitas Bahayakan Ibu Hamil dan Janinnya

By Lintang Bestari, Sabtu, 12 Desember 2015 | 15:15 WIB

Obesitas Bahayakan Ibu Hamil dan Janinnya

Intisari-Online.com – Kepala Petugas Medis Inggris mengatakan, obesitas merupakan masalah besar yang sama bahayanya dengan terorisme. Menurut Profesor Sally Davies, obesitas harus dijadikan “prioritas nasional”. Hal itu dilakukan karena obesitas membahayakan ibu hamil dan bayinya yang belum lahir.

Perlu aksi untuk memberdayakan perempuan dan keluarganya agar mereka hidup lebih sehat. Ibu yang obesitas akan mempengaruhi kesehatan generasi selanjutnya. Sejak 2014, pemerintah Inggris sudah berfokus pada kesehatan wanita Pada tahun 2013, wanita berusia 34 hingga 44, 54%nya mengalami obesitas. Sedangkan wanita berusia 45 hingga 54, 62% diklasifikasikan obesitas.

“Kita perlu untuk mengedukasi tentang faktor-faktor yang menyebabkan obesitas. Pada wanita, obesitas memberi efek fatal pada kehamilan dan kesehatan anakanya nanti. Tidak pernah ada kata terlambat untuk gaya hidup sehat,” kata Dame Sally.

Dr David Richmond, dari the Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG), juga mengatakan hal serupa. Sangat penting untuk mencegah faktor yang mengganggu kehamilan sebagai upaya memaksimalkan kesehatan ibu dan bayinya. “Faktor gaya hidup seperti obesitas dan diet yang buruk seperti bom waktu yang mempengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, juga meningkatkan komplikasi kehamilan yang berpengaruh pada kesehatan ibu dan anaknya baik jangka pendek maupun jangka panjang,” ungkapnya. (metro.co.uk)