Find Us On Social Media :

5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

By Ade Sulaeman, Senin, 14 Desember 2015 | 16:00 WIB

5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Intisari-Online.com - Saat menjenguk bayi baru lahir, pasti kita tergoda untuk menggendong, mencubiti, mencium, atau melakukan hal lain. Wajar saja, kebahagiaan dan semangat yang terpancar dari ibu dan bapak baru itu seolah "menular" pada Anda. Tapi harus diingat, kondisi bayi yang baru lahir masih harus sangat dijaga. Selain demi kesehatan sang bayi, Anda juga perlu memerhatikan kondisi orangtuanya.

Oleh karena itu, yuk simak lima hal yang wajib diperhatikan saat mengunjungi bayi baru lahir seperti dikemukakan situs Boldsky, agar Anda tak membahayakan bayi dan tak menyinggung orangtuanya.

1. Jangan mengenakan parfum berlebihan saat mengunjungi bayi baru lahir

Meski indera penciuman bayi belum begitu kuat, tetapi dokter menganjurkan untuk tak megenakan parfum yang berbau terlalu menyengat di dekat bayi, karena dapat menimbulkan alergi.

2. Hindari menggendong bayi

Tidak semua orangtua senang bayinya digendong orang lain, kecuali jika mereka menawarkannya pada Anda. Sangat disarankan untuk tak mencium bayi itu juga. Alasannya, bayi yang baru lahir masih relatif rapuh terhadap bakteri dan virus di lingkungan sekitar.

3. Perhatikan pemilihan hadiah

Untuk bayi baru lahir, ada baiknya memberi hadiah perlengkapan bayi atau hadiah untuk sang ibu yang baru saja melahirkan. Membelikan mainan kepada bayi yang baru lahir sebenarnya tak begitu bermanfaat.

4. Jangan mengunjungi bayi jika Anda sakit

Sistem imun bayi yang belum sempurna membuatnya mudah terserang penyakit. Kunjungi bayi hanya saat stamina sedang prima.

5. Jangan Merokok

Jangan merokok sebelum mengunjungi bayi apalagi saat mengunjungi bayi. Residu rokok dapat menempel di busana Anda dan tentunya sangat berbahaya bagi bayi yang masih belum memiliki imun tubuh yang sempurna.

(tabloidnova.com)