Find Us On Social Media :

Mengenal Inyengar Yoga yang Berbeda dengan Yoga-yoga Lainnya (1)

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 16 Desember 2015 | 09:00 WIB

Mengenal Inyengar Yoga yang Berbeda dengan Yoga-yoga Lainnya (1)

Intisari-Online.com - Pernah mendengar Inyengar Yoga? Ini adalah jenis yoga yang dikembangkan oleh Bellur Krishnamachar Sundararaja Inyengar yang belum lama ini memperingati hari ulang tahunnya ke-97. Banyak orang menyebut Inyengar Yoga berbeda dengan yoga-yoga lainnya.

Terlebih dahulu, mari kita berkenalan dengan Inyengar yang meningal pada 2014 lalu. Saat masih kecil, Iyengar pernah menderita penyakit TBC, tifoid dan malaria. Hingga ia mengenal yoga dan rutin berlatih yoga membantunya meraih kesehatan yang prima, yang jarang dimiliki oleh orang lain.

Mirip dengan yoga yang lainnya, yoga yang dikenalkan Inyengar (nanti ramai disebut dengan Inyengar Yoga) didasarkan pada delapan aspek yoga (ashtanga yoga). Yang membedakan, BKS Iyengar merumuskan kedelapan ashtanga tersebut berdasarkan pengalamannya, dan pengalamannya berdasarkan penelitian dan riset yang mendalam.

Iyengar yoga dikembangkan untuk memungkinkan semua orang  berlatih yoga dengan lebih  mudah dan lebih tepat. Lebih spesifiknya, Iyengar yoga melatih orang untuk fokus pada setiap asana (pose) dan pranayama (pernapasan) dengan intens.

Untuk menolong orang melakukan pose-pose yoga  dengan lebih mudah dan benar, BKS Iyengar mendesain properti seperti blok, tali, belt dan lain sebagainya, sebagai alat bantu. Iyengar juga menekankan, bahwa saat melakukan asana tertentu, kita harus memastikan bahwa postur dan  struktur anatomi tubuh kita selaras dan benar.

Lebih dari itu, ia percaya, bahwa jika asana dilakukan dengan benar (sesuai petunjuk dari guru yoga yang terlatih), bisa membantu  tubuh dan pikiran menjadi selaras, meningkatkan derajat kesehatan dan bahkan mencegah berbagai penyakit.