Find Us On Social Media :

Benarkah Kita Perlu Rutin Mengganti Merek Sampo Agar Rambut Tetap Sehat?

By Ade Sulaeman, Rabu, 16 Desember 2015 | 15:30 WIB

Benarkah Kita Perlu Rutin Mengganti Merek Sampo Agar Rambut Tetap Sehat?

Intisari-Online.com - Beberapa orang percaya bahwa kita perlu untuk rutin mengganti merek sampo untuk menjaga rambut tetap sehat serta tampak mengkilap.

Meskipun tidak ada alasan yang sah untuk berpikir rambut menjadi lebih kebal dengan tetap menggunakan merek sampo yang sama demi hari, mungkin ada alasan lain untuk seseorang secara rutin mengganti pencuci rambut mereka. Hal tersebut dipaparkan oleh salah satu ahli, Nicole Rogers, asisten profesor klinis dermatologi di Tulane University School of Medicine di New Orleans.

Untuk menghilangkan polutan lingkungan dan minyak alami dari rambut, shampoo biasanya berisi agen pembersih yang kuat, biasanya kimia berbasis sulfat, yang menarik minyak dan air, Dr. Rogers mengatakan.

Dari dua jenis utama, sulfat lauril dirancang untuk rambut berminyak sementara sulfat laureth untuk rambut normal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri dalam membersihkan rambut. Sehingga, secara rutin mengganti sampo berdasarkan kandungan sulfat di dalamnya dianggap mampu membuat rambut semakin bersih saat dicuci.

Sempat ada kekhawatiran bahwa bahan kimia dapat membahayakan kulit atau kulit kepala. "Satu-satunya bahaya yang pernah terbukti adalah bahwa sulfat dapat menjadi alergen topikal pada orang yang memang sudah memiliki kulit sensitif," kata Dr Rogers, yang juga membuka praktek dermatologi di Metairie, La.

(foxnews.com)