Find Us On Social Media :

12 Manfaat Kesehatan dari Daun Bawang (1)

By Monalisa Darwin D, Kamis, 24 Desember 2015 | 07:00 WIB

12 Manfaat Kesehatan dari Daun Bawang (1)

Intisari-Online.com - Jika kita berpikir bahwa daun bawang hanya sebagai hiasan pada makanan, maka kita salah. Daun bawang dapat menciptakan rasa yang berbeda pada makanan dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Ini dia 12 manfaat kesehatan dari daun bawang yang harus diketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan

Daun bawang rendah kalori, yang kemudian dapat menurunkan berat badan. Selain itu, daun bawang juga sarat dengan antioksidan, serat, vitamin, kalsium, dan mineral yang masing-masing bertanggung jawab untuk memelihara beberapa bagian tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah dan kolestrol

Daun bawang mengandung allicin, yang dapat meminimalkan tekanan darah dan menurunkan produksi kolestrol dalam tubuh. Daun bawang pun memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga dapat menghilangkan bakteri di dalam saluran usus serta memastikan fungsi sistem pencernaan bekerja baik.

3. Mencegah sembelit

Daun bawang kaya akan serat yang kemudian membantu melancarkan pencernaan. Fiber membangun serat dalam usus besar, yang kemudian menghilangkan masalah sembelit.

4. Membantu mencegah kanker

Daun bawang juga menjadi sumbe alami dari flavonoid dan sulfur yang mencegah beberapa jenis kanker secara efektif, seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru. Ini kemudian akan melawan radikal bebas dan mencegah perkembangannya.

5. Melawan masalah kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun bawang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga daun bawang sangat baik untuk kulit dan infeksi kulit. Kita bisa menggunakannya sebagai lotion untuk mengobati koreng atau luka pada kulit untuk membunuh bakteri atau jamur yang ada.

6. Menjadikan tulang lebih sehat

Daun bawang kaya akan vitamin K, dimana dapat membantu menyehatkan tulang. Kita dapat mengonsumsinya secara rutin untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang.