Find Us On Social Media :

Jika Kita Hanya Bisa Lakukan 5 Hal untuk Tingkatkan Kesehatan, Pilihlah Ini!

By Ade Sulaeman, Rabu, 30 Desember 2015 | 15:45 WIB

Jika Kita Hanya Bisa Lakukan 5 Hal untuk Tingkatkan Kesehatan, Pilihlah Ini!

Intisari-Online.com - Gaya hidup tidak sehat merupakan kontributor umum masalah kesehatan terbesar: stroke, penyakit jantung, diabetes, kanker. Untuk itu, Richard A. Lange, MD, kepala kardiologi di Johns Hopkins School of Medicine menyarankan kita untuk melakukan lima hal ini demi meningkatkan kesehatan kita.

1. Olahraga rutin.

Olahraga sama pentingnya dengan rutinitas harian Anda. Matikan TV atau komputer, dan berolehragalah setidaknya 30 menit setiap hari.

Untuk meningkatkan kinerja jantung, lakukanlah olahraga aerobik. Kita punya banyak pilihan: berjalan, jogging, bersepeda, mesin dayung, mesin elips, berenang. Tapi tidak berarti kita harus menjadi seorang atlet. Berjalan adalah olahraga yang bagus.

2. Diet sehat.

Berhenti makan junk food dan makanan cepat saji lemak tinggi. Jantung, otak, dan kesehatan secara keseluruhan dirugikan oleh makanan tinggi lemak jenuh, garam, dan kolesterol. Kita harus menggantinya dengan makanan sehat: banyak buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun - apa yang kita sebut diet Mediterania.

3. Berat badan.

Terlalu banyak berat badan menempatkan kita pada risiko kesehatan yang besar. Ketika kita mengambil lebih banyak kalori daripada yang kita bakar, kita mendapatkan lemak - sesederhana itu. Kita harus makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak. Kita harus mendorong diri sendiri untuk membuat perubahan gaya hidup ini - tetapi kita harus melakukannya untuk membantu menghindari masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, diabetes, atau stroke.

4. Lakukan pemeriksaan medis secara teratur.

Katakan kepada dokter riwayat kesehatan keluarga kita. Pelajari faktor risiko pribadi, dan tes skrining yang kita butuhkan. Wanita mungkin memiliki mammogram untuk menyaring kanker payudara dan Pap tes untuk kanker serviks. Pria mungkin memiliki tes PSA untuk kanker prostat. Skrining rutin untuk kanker kolorektal harus dimulai pada usia 50, mungkin lebih awal jika kanker usus besar berjalan di dalam keluarga. Kita juga perlu cek diabetes, tekanan darah, dan kolesterol secara teratur.

5. Kurangi stres.

Ketika seseorang mengatakan mereka terlalu sibuk untuk berolahraga, ia memberitahu saya hal-hal lain yang dianggap lebih penting dalam hidupnya: Mereka tidak menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman; tidak cukup berolahraga; tidak makan dengan benar; tidak tidur dengan benar. Semuanya pada akhirnya memicu stres dalam hidup kita, yang tentunya memberi dampak buruk pada kesehatan kita.

Agar sehat, kita perlu mengatur batas - dan menetapkan batas jam kerja. Kita tidak harus bekerja begitu keras dan mengabaikan hal-hal yang membuat kita tetap sehat. Ini adalah saran penting juga, untuk orang-orang yang menjaga orangtua atau anak-anak muda. Pastikan Anda mendapatkan olahraga dan tidur yang tepat - tidak mencoba untuk melakukannya terlalu banyak.

(WebMD)