Find Us On Social Media :

Setelah Enam Tahun dengan Ratusan Ribu Jepretan, Pria Ini Akhirnya Mendapatkan Gambar Kingfihser yang Sempurna

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 25 November 2015 | 09:30 WIB

Setelah Enam Tahun dengan Ratusan Ribu Jepretan, Pria Ini Akhirnya Mendapatkan Gambar Kingfihser yang Sempurna

Intisari-Online.com - Demi mendapatkan hasil yang sempurna, seseorang rela memotret hingga ratusan ribu jepretan. Alan Mc Fadyen (46), seorang fotografer asal Skotlandia, telah membuat 720 ribu foto untuk mendapatkan hasil gambar sempurna dari seekor burung Kingfisher.

McFadyen menghabiskan waktunya selama enam tahun untuk mendapatkan momen sempurna dari aksi burung Kingfisher saat pertama kali menyentuh air sebelum menerkam seekor ikan. Kingfisher dikenal sebagai burung yang memiliki kecepatan tinggi sehingga sulit untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

Dalam waktu enam tahun tersebut, McFadyen menyempatkan waktu beberapa kali dalam seminggu atau sekitar 100 hari dalam setahun untuk memotret burung Kingfishers. Jika dihitung, McFadyen menghabiskan lebih dari 4.200 jam hingga mendapatkan foto yang sangat menakjubkan tersebut.  

McFadyen begitu bersemangat karena 40 tahun yang lalu, ia sering diajak oleh kakeknya untuk menyaksikan burung Kingfisher di danau. Hal ini kemudian yang membuat ia bertekad untuk mendapatkan foto yang menakjubkan dari aksi Kingfisher.

Sejak sarang Kingfisher dibanjiri setiap tahunnya oleh air pasang, McFadyen sering menggali lubang dan mengisinya dengan tanah liat untuk membuat sarang yang lebih aman dan tahan lama untuk burung tersebut.

“Tidak banyak orang di dunia ini yang telah mendapat jepretan seperti ini. Kingfishers menyelam begitu cepat seperti peluru sehingga mendapatkan foto yang baik membutuhkan banyak keberuntungan dan kesabaran,” katanya.

Menurutnya, ia sering mengambil gambar hingga ratusan, namun tak satu pun yang tampak baik. “Tapi sekarang saya melihat kembali ribuan foto yang telah saya jepret untuk mendapatkan satu gambar ini dan itu membuat saya menyadari betapa besar usaha yang telah saya lakukan untuk mendapatkannya,” jelasnya.

McFadyen juga sempat berpikir, berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk mendapatkan gambar yang ia inginkan. Namun sekarang, ia mengaku, sangat  bangga dengan gambar dan pekerjaan yang selama ini ia lakukan.

Sayangnya, kakek McFadyen telah meninggal pada tahun 1994 pada usia 78 tahun. McFadyen sendiri merasa sedih karena tidak dapat menunjukkan hasil foto Kingfisher yang sangat memukau tersebut.

“Saya yakin kakek saya akan menyukainya, saya hanya berharap dia bisa melihatnya. Semua keluarga saya menghubungi saya ketika mereka melihat hal tersebut dan mengatakan ia begitu bangga,” tambahnya.