Find Us On Social Media :

Soal Kepercayaan Diri terhadap Produk, Pengusaha Indonesia Harus Banyak Belajar dari China

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 3 Desember 2015 | 16:45 WIB

Soal Kepercayaan Diri terhadap Produk, Pengusaha Indonesia Harus Banyak Belajar dari China

Intisari-Online.com - Soal kepercayaan diri terhadap produk, pengusaha Indonesia harus banyak belajar dari China. Begitulah yang disampaikan Firmanzah, Rektor Universitas Paramadina, seperti dilansir dari Kompas.com.

Menurutnya, pengusaha-pengusaha China selalu memiliki kepercayaan diri terhadap produk-produknya. Apa pun produknya. Oleh karena itu, ini seharusnya menjadi pelecut semangat pelaku usaha di Indonesia untuk lebih bersemangat dan mau mengekspansikan bisnisnya ke luar negeri.

“Jasa dan barang kita punya kualitas. Kalau Singapura, Thailand, dan Filipina barangnya bisa masuk ke kita, kita juga harus berani memasukan barang ke mereka,” tegasnya. Bagaimanapun juga, ia melihat Indonesia memiliki posisi tawar yagn cukup tinggi di wilayah Asia Tenggara. Dan perlu diketahui, sekitar 40 persen masyarakat kelas menengah di kasawan ini berada di Indonesia.

Menurutnya sudah banyak perusahaan Indonesia yang berhasil di kancah ASEAN. Ia mencontohkan, salah satu perusahaan semen Indonesia yang sudah bahkan sampai mengakuisisi salah satu perusahaan semen Vietnam. Begitu juga dengan perusahaaan Indonesia yang bergerak di bidang pupuk sudah sukses di Kamboja.

“Kita kualitas sudah punya, tinggal percaya. Kita harus belajar ke China,” ucap Firman.