Find Us On Social Media :

4 Operasi Plastik Pertama di Dunia (1): Operasi Hidung dan Sedot Lemak

By Lila Nathania, Rabu, 9 Desember 2015 | 15:45 WIB

4 Operasi Plastik Pertama di Dunia (1): Operasi Hidung dan Sedot Lemak

Intisari-Online.com – Segala sesuatu yang pertama biasanya lebih menarik. Inilah daftar empat operasi plastik pertama di dunia.

4. Mademoiselle Geoffre

Perempuan ini adalah orang pertama yang melakukan prosedur operasi liposuction alias sedot lemak. Operasi ini dilakukan oleh seorang dokter perancis yang terkemuka, Charles Dujarier, pada 17 Februari 1926. Alasan Geoffre dalam melakukan operasi ini adalah untuk mempercantik tungkai kakinya.

Sayang, operasi ini berakhir mengerikan. Kaki Geoffre akhirnya harus diamputasi dan sang dokter harus membayar sebesar sekitar dua miliar karena dianggap sudah melakukan operasi ilegal. Dokter Dujarier juga akhirnya menerima hukuman penjara.

Masih belum puas, Geoffre mencoba lagi operasi serupa untuk kedua kalinya. Ia akhirnya meninggal saat operasi yang kedua gagal.

3. Wiiliam M. Spreckley

Sprecley adalah pria pertama yang hidungnya dioperasi plastik. Operasi ini dilakukan oleh Dr. Harold Gillies pada tahun 1917. Spreckley sendiri adalah seorang tentara yang bertugas pada perang dunia pertama. Ia harus dioperasi hidungnya karena letnan perang ini terkena tembakan tepat pada hidungnya.

Hasil akhir dari serangkaian operasi yang dilakukan atas Spreckley selesai setelah tiga tahun. Untung saja setelah menjalani serangkaian operasi hingga tahun 1920, hidung letnan perang asal Inggris ini bisa terlihat cukup normal lagi.

Itulah dua operasi plastik pertama di dunia.

(trendingpost.net)