Find Us On Social Media :

4 Operasi Plastik Pertama di Dunia (2): Operasi Wajah dan Kelamin

By Lila Nathania, Rabu, 9 Desember 2015 | 16:00 WIB

4 Operasi Plastik Pertama di Dunia (2): Operasi Wajah dan Kelamin

Intisari-Online.com – Segala sesuatu yang pertama biasanya lebih menarik. Inilah daftar  empat operasi plastik pertama di dunia.

2. Willie Vicarage

Vicarage adalah pria pertama yang melakukan operasi plastik yang besar. Pria ini mengalami luka parah dalam Perang Jutland tahun 1916 sehingga wajah bagian bawahnya rusak. Ia akhirnya harus dioperasi dengan metode ‘tubed pedicle’. Pada waktu itu belum ada antibiotik sehingga sangat sulit menyembuhkan jaringan yang ada tanpa terkena infeksi. Hebatnya, operasi ini berhasil dan akhirnya wajah Vicarage bisa kembali normal.

1. Michael Dillon

Dillon adalah pria pertama yang melakukan phalloplasty alias operasi penambahan atau rekonstruksi penis. Jadi, Dillon sebenarnya adalah seorang perempuan yang merasa jati dirinya adalah laki-laki. Sejak tahun 1939 ia mulai melakukan perawatan hormon agar tidak menstruasi lagi.

Sejak saat itu Dillon melakukan hingga 13 kali operasi. Di antaranya adalah masektomi ganda yang pada waktu itu masih dianggap sangat sulit dan dihindari. Dokter yang menangani Dillon adalah Dr. Gillies, seorang dokter yang memang ahli di bidang operasi kelamin untuk orang-orang yang bermasalah dengan alat kelaminnya.

Operasi Dillon berjalan dengan lancar hingga akhirnya ia bisa menjadi laki-laki dan mendapatkan pengakuan. Ia berhasil mengganti namanya secara resmi menjadi Laurence Michael Dillon.

Itulah dua operasi plastik pertama di dunia.

(trendingpost.net)