Find Us On Social Media :

[Foto] 35 Tahun yang Lalu, Beginilah Suasana di Sekitar Kematian John Lennon

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 10 Desember 2015 | 13:00 WIB

[Foto] 35 Tahun yang Lalu, Beginilah Suasana di Sekitar Kematian John Lennon

Intisari-Online.com - 8 Desember lalu tepat 35 tahun John Lennon tewas. Ia ditembak oleh salah seorang penggemar beratnya, David Chapman, tepat di depan apartemennya di Dakota dekat Central Park, New York.

Sekitar pukul 10.50 waktu setempat, John Lennon dan Yoko Ono, pulang ke apartemennya setelah melalukan pemotretan untuk Rolling Stone. Saat melangkah menuju apartemennya, Lennon tiba-tiba diberondong peluru dari senjata genggam kaliber 0,38 milik David Chapman, seorang penjaga keamanan berusia 25 tahun dari Honolulu, Hawaii. Lennon tewas seketika.

Beberapa menit kemudian, kematian Sang Super Star diumumkan selama siaran Monday Night Football. Kesedihan sontak menyebar ke seantero negeri. 

Esoknnya, ribuan orang berkumpul di depan apartemennya di Dakota dan di seluruh dunia. Di kampung Lennon, Liverpool, 30 ribu orang berkumpul untuk menghadiri peringatannya. Enam hari setelah pembunuhan, 225 ribu pelayat memenuhi Central Park, dan bergabung bersama jutaan lainnya di seluruh dunia mengheningkan cipta untuknya selama 10 menit.

Mashable merangkum beberapa foto di seputar kematian Lennon.

Seperti yang kita tahu, tidak ada pemakaman untuk John Lennon. Mayatnya dikremasi dan abunya diserahkan kepada Yoko Ono. Dalam sebuah pernyataannya pada 9 Desember 1980, Yoko Ono dan Sean Lennon mengatakan: "Tidak ada pemakanan untuk John. John mencintai dan berdoa untuk umat manusia. Silakan melakukan hal yang sama untuknya."