Find Us On Social Media :

Pohon Natal yang Kita Ketahui Selama Ini ternyata Bukan Pinus! Lalu Apa?

By Lila Nathania, Minggu, 27 Desember 2015 | 14:30 WIB

Pohon Natal yang Kita Ketahui Selama Ini ternyata Bukan Pinus! Lalu Apa?

Intisari-Online.com – Kita tentu sudah sering melihat pohon natal. Nah, pohon natal yang kita ketahui selama ini ternyata bukan pinus! Lalu apa?

Pohon Natal ada berbagai macam bentuk, ukuran, dan jenisnya. Banyak yang mengira bahwa sebagian besar jenis pohon Natal itu adalah pinus. Apakah benar pinus? Ternyata jawabannya adalah bukan.

Sebagian besar pohon asli yang digunakan dalam perayaan Natal adalah pohon spruce atau fir. Jika kita mengetik kata ‘pinus’ atau ‘pine’ di Google maka akan muncul berbagai macam pohon yang seperti pohon natal pada umumnya padahal kebanyakan dari pohon itu sama sekali bukan pinus.

Menyebut pohon spruce sebagai pohon pinus sama seperti menyebut rubah sebagai anjing. Rubah dan anjing memang masih merupakan saudara dekat namun menyamakan keduanya sama sekali bukan keputusan yang tepat.

Secara spesifik, pohon pinus memiliki bentuk daun dan biji yang berbeda. Pohon pinus juga tidak berbentuk cantik persis seperti pohon Natal yang kita lihat di toko-toko. Pohon pinus bentuknya tidak beraturan seperti pohon biasa dan ada juga yang terbagi atas banyak dahan seperti bonsai besar.

Pohon yang berbentuk cantik, lebih besar di bawah dan makin mengecil pada bagian atas, sebenarnya merupakan spruce atau fir. Dua spesies pohon inilah yang selama ini dipakai sebagai pohon natal. Jadi, mulai sekarang jangan menyebut pohon natal sebagai pohon pinus lagi.