Find Us On Social Media :

Saat Mao Zedong Dikalahkan oleh Kolonel Sanders si Maskot KFC di Negerinya Sendiri

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 14 Januari 2016 | 11:00 WIB

Saat Mao Zedong Dikalahkan oleh Kolonel Sanders si Maskot KFC di Negerinya Sendiri

Intisari-Online.com - Siapa orang di China yang tidak kenal Mao Zedong? Selain karena ia adalah pendiri Republik Rakyat China, wajah Mao juga masih termpampang jelas di lembar uang kertas negaranya. Bahkan baru-baru ini, warga di sebuah desa di Provinsi Henan telah membuat patung Mao berukuran raksasa—meskipun setelah itu dihancurkan.

Tapi ironisnya, di negerinya sendiri juga, Mao Zedong justru kalah dari Kolonel Sanders.

Di beberapa kota besar seperti Beijing, bukan foto Ketua Mao yang banyak ditemui tapi wajah pendiri dan maskot KFC itu. Di ibu kota RRC itu foto Kolonel Sanders bisa ditemui di dinding gerbong-gerbong kereta bawah tanah hingga di Lapangan Tiananmen di pusat kota.

Untuk diketahui, sejak masuk pada 12 November 1987, saat ini tercatat tak kurang dari 4.900 restoran KFC bisa ditemui di Cina. Di negara ini KFC tidak hanya menyediakan menu khas ayam goreng tapi juga bubur ala China, lengkap dengan jamur, telur, dan sayur asam yang diawetkan.

Tak hanya KFC, merek-merek mewah dari Barat juga telah lama hadir di sini. Lihat saja mobil-mobil mewah Mercedes yang lalu-lalang di berbagai jalan kota.