Find Us On Social Media :

Penemu Membuat Desain Pesawat yang Bisa Melepaskan Diri ketika Kondisi Darurat

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 Januari 2016 | 16:40 WIB

Penemu Membuat Desain Pesawat yang Bisa Melepaskan Diri ketika Kondisi Darurat

Intisari-Online.com - Ini tampak sedikit gila. Seorang penemu datang dengan sebuah ide yang mungkin bisa menyelamatkan ratusan jiwa dalam sebuah peristiwa kecelakaan pesawat. Ia menawarkan desain pesawat yang bisa melepaskan diri ketika kondisi darurat.

Dalam rancangan ini, dalam kondisi darurat, kabin pesawat akan memisahkan diri dari bagian kepala dan mesin. Kabin akan melayang di udara dan perlahan-lahan turun ke bumi dengan bantuan parasut yang tersedia di beberapa bagian kabin.

Meski demikian, desain ini masih memiliki kekurangan, terutama soal keselamatan pilot dan kopilot.

Lihat video berikut:

Ide ini lahir dari gagasan Vladimir Tatarenko. Ia bekerja selama tiga tahun untuk melahirkan ide gila ini. Menurutnya, selama insinyur-insinyur pesawat di seluruh dunia berusaha mencari model pesawat yang lebih aman, maka bertahan dalam kecelakaan pesawat adalah keniscayaan.

“Teknologi ini menggunakan Kevlan dan karbon komposit untuk pesawat, sayap, flaps, spoiler, dan ailerons,” ujar Tatarenko dalam video tersebut. “Hal ini memungkinkan beberapa bagian untuk mengimbangi sistem parasut.”

Desain ini melibatkan tabung karet yang tidak hanya melindungi pendaratan tapi juga menjaga kabin tetap mengapung ketika mendarat di laut.