Find Us On Social Media :

Hari Ini Google Peringati Hari Kelahiran Sophie Taeuber-Arp, Siapa Dia?

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 19 Januari 2016 | 11:00 WIB

Hari Ini Google Peringati Hari Kelahiran Sophie Taeuber-Arp, Siapa Dia?

Intisari-Online.com - Jika pagi ini membuka Google, kita akan dikejutkan dengan tampilan Google Doodle yang sedikit aneh. Seperti kotak-kotak Lego yang ditata sembarangan. Tapi setelah kursor diarahkan ke tampilan itu, baru akan muncul tulisan “Hari Lahir Sophie Taeuber-Arp”.

Benar, hari ini Google tengah memperingati hari kelahiran Sophie Taeuber-Arp. Lalu kita bertanya-tanya, siapa sosok ini?

Taeuber-Arp lahir di Davos, Swiss, pada 19 Januari 1889 dengan nama lahir Sophie Henriette Gertrude Taeuber. Ia diketahui sebagai pelukis, pematung, juga penari. Ia memperkenalkan abstraksi geometris—seperti yang ditampilkan pada Google Doodle hari ini.Berikut penampakannya:

 

Meski lahir di Swiss, banyak menghabiskan waktunya di Jerman dan Perancis. Ia belajar di Munich, Hamburg, dan Zurich. Di sana ia bertemu dengan suaminya, seorang seniman Dadaisme bernama Jean Arp di sebuah pameran seni.

Mereka berdua akhirnya pindah ke Perancis dan berkolaborasi pada banyak proyek yang berbeda.

Untuk menghindari Nazisme yang kian menguat, pasangan ini memutuskan untuk pulang ke Zurich. Pada 1943 Taeuber-Arp meninggal dunia akibat keracunan karbon monoksida. Meski tak banyak orang sekarang yang mengenalnya, di negaranya sendiri wajahnya cukup familiar. Bagaimana tidak, toh kita bisa menemukan wajah tirusnya di lembaran uang 50 frans Swiss.

Dan untuk mengenang 127 tahun kematiannya, Google Doodle secara khusus memberi persembahan kepada sang seniman—gambar di Doodle dibuat oleh seniman Mark Holmes. “Ini sangat menyenangkan […] mudah-mudahan saya bisa menangkap semangat setidaknya satu apsek dari pekerjaannya,” ujar Holmes seperti dilansir dari Metro.co.uk.