Find Us On Social Media :

Mengagumkan, Inilah Wujud Alat Fitness Pertama di Dunia yang Digunakan 130 Tahun yang Lalu

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 19 Januari 2016 | 12:00 WIB

Mengagumkan, Inilah Wujud Alat Fitness Pertama di Dunia yang Digunakan 130 Tahun yang Lalu

Intisari-Online.com - Saat ini nge-gym telah menjadi bagian dari gaya hidup. Tidak harus di pusat-pusat kebugaran, kegiatan ini juga bisa dilakukan di rumah dan di sela-sela waktu kerja. Tentu saja dengan membeli alat fitness sendiri. Berbicara tentang alat fitness, tahukah Anda, kapan alat ini muncul pertama kali?

Baru-baru ini beredar foto-foto yang memperlihatkan wujud alat fitness pertama di dunia yang digunakan pada 130 tahun lalu, di Era Victoria. Foto-foto yang diambil tahun 1892 itu menunjukkan alat-alat yang berbeda dengan fungsi yang juga berbeda.

Foto-foto itu kini disimpan dengan baik di National Museum of Science and Technology di Stockholm, Swedia.

Berbicara alat fitness rasanya tidak lengkap jika tidak membicarakan Dr Gustav Zander. Ia dianggap sebagai penemu alat-alat ini dalam bentuknya yang dikenali saat ini. Ia adalah seorang dokter dan ahli ortopedi dari Swedia yang mengakui adanya hubungan antara tenaga dan kesehatan secara menyeluruh.

 

Lahir pada 1835, sejak kecil memiliki kecintaan terhadap pembentukan otot. Aktivitas ini sudah ia lakukan ia belajar di sekolah kedokteran pada 1860-an awal. Ia yakin, otot perlu dibangun secara bertahap sepanjang waktu. Oleh sebab itu dibutuhkan mesin khusus yang akan meniru sistem dan metode gerakan yang telah digunakan manusia selama berabad-abad. Dari sinilah alat fitness itu terinspirasi.

Dan sejak awal, alat fitness ini memang ditargetkan untuk kelas atas. Dengan alat ini, orang-orang kaya itu, bisa berlatih secara terpisah dan mendapatkan pengalaman latihan yang berbeda dari para kelas pekerja. Di awal abad ke-20, alat ini tersebar luas di AS.