Find Us On Social Media :

Shiprock, Legenda Misterius dari Formasi Batuan di Gurun New Mexico

By Ade Sulaeman, Selasa, 26 Januari 2016 | 12:30 WIB

Shiprock, Legenda Misterius dari Formasi Batuan di Gurun New Mexico

Intisari-Online.com - Formasi batuan bergerigi di New Mexico yang dikenal sebagai Shiprock ini dikelilingi legenda misterius sekaligus menjadi titik daya tarik.

Batuan vulkanik mencolok ini terbentuk sekitar 30 juta tahun yang lalu. Berkembang sebagai sebuah plug dalam lubang dari sebuah gunung berapi aktif.

Seiring waktu, sisa gunung berapi terkikis, meninggalkan singkapan bergerigi berdiri sendirian di hamparan luas nan polos. Dengan ketinggian lebih dari 1500 kaki, Shiprock menjadi struktur tertinggi dalam jarak bermil-mil.

Struktur ini merupakan episentrum legenda dalam budaya Navajo. Disebut Tsé Bit á í atau "batu dengan sayap."

Mitos mengatakan bahwa Shiprock adalah sebidang tanah yang menjadi burung, yang membawa orang-orang leluhur Navajo di punggungnya.

Saat matahari terbenam, makhluk besar tinggal di lokasi yang saat ini menjadi gurun dan segera berbalik kembali ke batu. Orang-orang yang baru tiba tinggal di puncak batuan, hanya menyisakan untuk mengumpulkan makanan dan air.

Namun, suatu hari singkapan bebatuan itu tiba-tiba disambar petir, mengandaskan anggota suku di antara pecahannya. Sejak itu, batu telah menjadi tempat terlarang untuk manusia, yang mungkin dapat mengganggu roh hantu mereka yang ditinggalkan.

Meskipun curam, sisi berbahaya dari Shiprock justru pernah dianggap sebagai hadiah besar di antara para pemanjat tebing. Akhirnya sejak tahun 1970, pemanjatan telah tegas terlarang, sesuai dengan budaya Navajo.

(atlasobscura.com)