Find Us On Social Media :

Puluhan Ribu Orang telah Mencoba Puzzle ini dan Tidak Seorang pun Berhasil Menyelesaikannya

By Lila Nathania, Minggu, 31 Januari 2016 | 14:00 WIB

Puluhan Ribu Orang telah Mencoba Puzzle ini dan Tidak Seorang pun Berhasil Menyelesaikannya

Intisari-Online.com – Menyelesaikan puzzle yang sulit biasanya menjadi tantangan bagi sebagian besar orang. Puluhan rib uorang telah mencoba puzzle ini dan tidak seorang pun berhasil menyelesaikannya. Apakah Anda berani mencobanya?

Beberapa minggu sebelum Natal 2015 lalu, Government Communications Headquartes (GCHQ) mengeluarkan kartu ucapan selamat Natal beserta teka-teki berupa puzzle. Tentu semua orang sudah tahu bahwa teka-teki itu akan sangat sulit dipecahkan sebab GCHQ sendiri dibuat oleh sekumpulan kriptografer paling top di Inggris.

Walau sudah sebulan lebih berlalu, rupanya masih belum ada satu orang pun yang berhasil menyelesaikan teka-teki tersebut. GCHQ mengeluarkan pengumuman bahwa sampai detik ini belum ada orang yang berhasil menjawab puzzle itu dengan benar. Waktu yang ada pun makin sempit sebab pihak GCHQ hanya menerima jawaban dari orang-orang di seluruh dunia maksimal 11.59 malam GMT tanggal 31 Januari 2016.

Tantangan dari kumpulan kriptografer terkenal itu terdiri dari lima bagian. Setiap bagian yang berhasil Anda selesaikan akan mengantar ke level selanjutnya. Hingga saat ini sekitar 30.000 pemain sudah mencoba puzzle ini dan hanya 5% dari mereka yang bisa mencapai level kelima alias bagian terakhir dari puzzle tersebut.

Permainan ini memang sangat abstrak dan sebagian besar orang bahkan tak tau apa yang harus dilakukan karena tidak adanya pertanyaan yang diutarakan dengan jelas. Pihak GCHQ sendiri berkata bahwa puzzle super sulit ini dibuat oleh kumpulan professor yang sudah pensiun, ahli alogaritma, anak 14 tahun yang sangat pandai di bidang matematika, dan lain-lain. Berniat mencobanya?

(iflscience.com)