Find Us On Social Media :

Inilah Keuntungan Mencuci Pakaian dengan Cuka

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 17 Februari 2016 | 08:00 WIB

Inilah Keuntungan Mencuci Pakaian dengan Cuka

Intisari-Online.com– Kebersihan pakaian menentukan kenyamanannya saat digunakan. Produk pembersih pakaian pun menjamur di pasaran. Ingin pakaian lebih bersih saat dicuci? Cucilah pakaian Anda dengan cuka! Karena cuka dapat membantu proses cuci-mencuci Anda semakin mudah. Berikut keuntungan mencuci pakaian dengan cuka.

Mencerahkan warna pakaian

Menambahkah ½ cangkir cuka ke pakaian kotor sebelum di cuci akan membantu deterjen bekerja lebih efektif. Cuka akan melindungi warna pakaian kita dari residu deterjen yang kadang membuat warna pakaian memudar. Hasilnya, warna pakaian akan tetap cerah.

Melembutkan kain

Menambahkan ½ cangkir cuka ke bilasan terakhir cucian Anda akan membantu melembutkan pakaian. Cuka bisa menjadi pilihan alternatif untuk melembutkan pakaian dengan harga lebih murah.

Melepaskan sisa detergen yang melekat

Cuka mengandung bahan asam asetat yang dapat menghancurkan sisa-sisa sabun yang melekat di pakaian, handuk, selimut, dan seprai. Khususnya handuk dan selimut yang paling sering terendap sabun detergen. Seperti kita ketahui sisa sabun dapat membuat iritasi pada kulit sensitif, khususnya pula pada bayi. Tambahkan satu cangkir cuka saat membilas cucian.

Menghilangkan bulu

Kita sering kesulitan untuk mencuci pakaian setelah bermain dengan hewan peliharaan yang berbulu. Bulu-bulu yang menempel di pakaian dapat lebih mudah dihilangkan dengan cuka.

Memutihkan pakaian

Untuk menghilangkan noda kuning di pakaian putih Anda, gunakan 1 ½ cangkir cuka pada bilasan terakhir pakaian putih Anda. Kalau ada noda membandel, didihkan air pada panci ditambah secangkir cuka, lalu rendam kain semalaman. Esoknya, cuci pakaian seperti biasa, alhasil pakaian putih makin kinclong.

Hilangkan noda yang susah hilang