Find Us On Social Media :

Ruslan Ulcok Yusuf Mampu Menjawab Soal Matematika yang Rumit Meski Tak Lulus SD

By Ade Sulaeman, Jumat, 19 Februari 2016 | 11:00 WIB

Ruslan Ulcok Yusuf Mampu Menjawab Soal Matematika yang Rumit Meski Tak Lulus SD

Intisari-Online.com - Ruslan Yusuf yang kerap dipanggil Ullang Commok atau Ulcok dikenal sebagai ‘kalkulator berjalan’. Gelar tersebut diberikan karena pria 25 tahun yang tak lulus Sekolah Dasar ini  pandai menghitung, bahkan untuk soal-soal yang rumit.

Bayangkan saja kita harus menghitung sebuah soal matematika yang secara bersamaan terdiri dari penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, ditambah dengan angka-angka yang rumit.

Rasanya kita ingin cepat-cepat mencari kalkulator agar dapat dengan mudah menemukan jawabannya. Namun, tidak demikian dengan Ulcok yang lahir di Kalukubodoa, Tallo, Makassar, 13 Juni 1990, dia dapat dengan mudah menjawabnya tanpa bantuan alat hitung apa pun.

Namun, jangan bayangkan ia bersekolah di sekolah mewah dengan fasilitas serba canggih. Ulcok justru tidak pernah melanjutkan pendidikan sejak ia berhenti sekolah saat masih kelas III di SD Negeri Galangan Kapal, Tallo, pada 1998.

Keterbatasan pendididikan itu tak berarti meniadakan kemampuannya dalam berhitung.

Selasa (16/2/2016) kemarin, redaksi Tribun Timur di Makassar "menguji" kemampuan penggemar batu akik tersebut.

Di hadapan doktor Matematika dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar dan seorang tentor program pendidikan JILC, Ulcok yang memakai kaus oblong, celana pendek, dan sandal jepit membuat kagum karena jawaban tepat atas setiap pertanyaan hitung-hitungan.

Berikut video ketika Ulcok mempertontonkan kemampuannya menjawab serangkaian perhitungan di kantor redaksi Tribun Timur.

(kompas.com)