Find Us On Social Media :

Inilah Kesalahan Terbesar Kita Saat Mencuci Baju

By Lila Nathania, Minggu, 28 Februari 2016 | 16:40 WIB

Inilah Kesalahan Terbesar Kita Saat Mencuci Baju

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda mendapati baju yang luntur atau mengecil setelah dicuci? Inilah kesalahan terbesar kita saat mencuci baju.

Sebagian besar orang mencuci baju dengan air dingin, memasukkan baju basah ke mesin pengering, dan mengatur mesin pengerin itu di suhu yang paling panas. Tahukah Anda bahwa hal ini sebenarnya merusak pakaian?

Mesin pengering adalah benda yang jahat untuk baju. Makin sering baju Anda dikeringkan, makin cepat pula baju kita rusak. Menurut studi terbaru, setiap kali sebuah baju dikeringkan, ia akan menyusut dua kali lebih cepat dibanding saat baju dicuci. Hal ini disebabkan karena temperatur mesin pengering bisa membuat baju menyusut.

Selain bisa menysut, mesin pengering baju juga membuat baju cepat rusak. Bila Anda melihat partikel kain menggunakan mikroskop, Anda bisa tahu bahwa tiap kali dikeringkan, kain jadi makin lemah. Kekuatan kain untuk bisa ditarik jadi makin rendah seiring dengan semakin banyaknya jumlah sebuah baju dikeringkan. Menurut hasil percobaan, handuk yang sudah dikeringkan sebanyak 20 kali sudah kehilangan kekuatan kainnya hingga 50%.

Cara paling mudah untuk mencegah baju cepat rusak adalah mengeringkan dengan cara tradisional. Jemur saja baju Anda setelah dicuci, jangan masukkan ke mesin pengering. Bila Anda terpaksa menggunakan mesin pengering sekalipun, gunakan suhu yang tidak terlalu panas. Makin panas suhunya, makin cepat pula baju Anda rusak.

(yahoo.com)