Find Us On Social Media :

Novelis Indonesia Eka Kurniawan Masuk Longlist The Man Booker International Prize 2016

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 10 Maret 2016 | 15:15 WIB

Novelis Indonesia Eka Kurniawan Masuk Longlist The Man Booker International Prize 2016

Intisari-Online.com - Ada kabar gembira untuk dunia literasi Indonesia. Cerpenis dan Novelis asal Indonesia Eka Kurniawan masuk longlist The Man Booker International Prize 2016. Ia adalah orang Indonesia pertama yang masuk daftar ini. Bagi pembaca karya sastra, ajang penghargaan literasi bertaraf internasional yang pertama kali diselenggarakan pada 2005 ini bukan ajang penghargaan yang biasa.

Ajang ini memang dikhususkan untuk mengganjar karya-karya fiksi terbaik yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Selain penulis, hadiah juga akan diberikan kepada penerjemahnya.

Nama Eka muncul di longlist pertama yang diumumkan berbarengan dengan Independent Foreign Fiction Prize. Hadiah sebesar 50 ribu poundsterling akan dibagikan secara rata untuk penulis dan penerjemah buku ke dalam bahasa Inggris. Ada 155 buku yang masuk penilaian para juri.

Selain Eka, nama lain yang masuk daftar ini adalah Orhan Pamuk. Novelis Turki ini bukan nama asing bagi pembaca sastra di Indonesia. Beberapa karyanya seperti Istambul dan My Name Is Red banyak ditemui di toko-toko buku di Indonesia.

Berikut longlist The Man Booker International Prize 2016:

Penulis/penerjemah

Judul buku (penerbit)

Jose Eduardo Agualusa (Angola)/Daniel Hahn

A General Theory of Oblivion (Harvill Secker)

Elena Ferrante (Italia)/Ann Goldstein

The Story of the Lost Child (Europe Editions)

Han Kang (Korea Selatan)/Deborah Smith